Perancangan Aplikasi Harga Cerdas Berbasis Android
Kata Kunci:
Minimarket, Android, Point of Sale, Barcode ReaderAbstrak
Meningkatnya jumlah pelanggan pada minimarket membuat permasalahan kenyamanan serta efektifitas proses belanja di minimarket. Masalah informasi mengenai data barang sering dikeluhkan oleh pelanggan seperti sering terjadi perbedaan harga yang tertera di rak dengan harga yang di kasir serta Kurangnya informasi membuat pelanggan sibuk mencari pegawai untuk bertanya mengenai detil barang. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan aplikasi kasir berbasis android untuk membantu pelanggan pengunjung minimarket dapat mengetahui informasi mengenai harga barang, jumlah belanjaan dan total belanja yang harus dibayar pada kasir. Selain itu, pada aplikasi ini dicantumkan juga informasi barang yang sudah kedaluwarsa sehingga pelanggan mendapatkan kenyamanan dalam berbelanja. Aplikasi ini mempunyai fitur scan barcode dimana terdapat pada masing masing barang untuk di scan dan dapat melihat detil barang seperti id, nama, dimensi, jumlah, warna, harga, dan gambar barang serta tanggal kedaluwarsa. Aplikasi mini market ini berbasis android diintegrasikan pada suatu server melalui internet dan didukung oleh MYSQL Database. Dengan menggunakan sistem seperti ini maka kenyamanan dan kepuasan customer saat berbelanja diharapkan akan meningkat dan menjadi nilai lebih dari sisi minimarket itu sendiri sehingga membantu petugas kasir dalam proses pengelolaan data penjualan yang lebih Efektif,efisien dan akurat sehingga pelanggan mendapatkan kenyamanan dalam aktifitas berbelanja serta tidak merasa curiga terhadap tindak kecurangan pihak minimarket.
Referensi
Andrianof, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Promosi Dan Penjualan Pada Toko Ruminansia Berbasis Web. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(1), 11-19.
Anjelita, P. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Negeri 3 Batam. Comasie Journal, 1(1).
Harison. (2016). Sistem Informasi Geografis Sarana Pada Kabupaten Pasaman Barat. TEKNOIF, 4(2), 40-50.
Hastanti, R. P. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2).
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82-86.
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara , 3(1), 82-86.
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara , 3(1).
Maulana, S. M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi,, 4(1), 64-74.
Siregar, V. M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 15-21.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.