Pengaruh Kelompok Referensi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cumi Store Tanjungpinang
Kata Kunci:
Kelompok Referensi, Kepercayaan, Keputusan PembelianAbstrak
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kelompok referensi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Cumi Store Tanjungpinang.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang pernah berbelanja di Cumi Store Tanjungpinang. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, maka yang diambil sebanyak 91 orang responden. Hasil uji t pada variabel kelompok referensi (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung sebesar (2,114) > t tabel (1,663) dan mempunyai signifikan sebesar 0,037 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t pada variabel kepercayaan (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung sebesar (2,608) > t tabel (1,663) dan mempunyai signifikan sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan hasil penelitian menunjukan Y= 2,656 + 0,194 X1 + 0,137 X2 + e . Kesimpulan yang didapat berdasarkan pengujian menunjukan bahwa variabel kelompok referensi dan variabel kepercayaan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cumi Store Tanjungpinang. Dengan kontribusi Adjusted R Square sebesar 75,6% keputusan dipengaruhi oleh variabel kelompok referensi dan kepercayaan, sedangkan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.
Referensi
Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah, (2013), Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah, (2011), Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Bisnis, Bandung. Alfabeta.
Supranto, J dan Limakrisna, Nandan, (2010). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Taroreh, Jorie, dan Wenas, (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Kepercayaan terhadap Pengguna Jasa Asuransi pada Asuransi Jasindo Manado, Jurnal Manajemen, Volume 3, nomor 3. Manado, Universitas Sam Ratulangi Manado : Universitas Sam Ratulangi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.