Pengaruh Kelompok Referensi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cumi Store Tanjungpinang

Penulis

  • Maryati Maryati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tanjungpinang
  • Betty Leindarita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tanjungpinang

Kata Kunci:

Kelompok Referensi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kelompok referensi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada Cumi Store Tanjungpinang.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang pernah berbelanja di Cumi Store Tanjungpinang. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin, maka yang diambil sebanyak 91 orang responden. Hasil uji t pada variabel kelompok referensi (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung sebesar (2,114) > t tabel (1,663) dan mempunyai signifikan sebesar 0,037 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t pada variabel kepercayaan (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung sebesar (2,608) > t tabel (1,663) dan mempunyai signifikan sebesar 0,045 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan hasil penelitian menunjukan Y= 2,656 + 0,194 X1 + 0,137 X2 + e . Kesimpulan yang didapat berdasarkan pengujian menunjukan bahwa variabel kelompok referensi dan variabel kepercayaan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cumi Store Tanjungpinang. Dengan kontribusi Adjusted R Square sebesar 75,6% keputusan dipengaruhi oleh variabel kelompok referensi dan kepercayaan, sedangkan sisanya 24,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.

Referensi

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jilid 1, Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah, (2013), Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah, (2011), Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Bisnis, Bandung. Alfabeta.
Supranto, J dan Limakrisna, Nandan, (2010). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Taroreh, Jorie, dan Wenas, (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Kepercayaan terhadap Pengguna Jasa Asuransi pada Asuransi Jasindo Manado, Jurnal Manajemen, Volume 3, nomor 3. Manado, Universitas Sam Ratulangi Manado : Universitas Sam Ratulangi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Maryati, M., & Leindarita, B. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cumi Store Tanjungpinang. Prosiding, 3, 85–89. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3639

Terbitan

Bagian

Articles