Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi kepada Kelompok Guru TK

Penulis

  • Isnaini Muhandhis Universitas Wijaya Putra
  • Alven S. Ritonga Universitas Wijaya Putra
  • M. Harist Murdani Universitas Wijaya Putra
  • Ishaq A.M. Universitas Wijaya Putra

Kata Kunci:

Power Point, Teaching Material, Competence

Abstrak

Proses belajar mengajar di beberapa TK wilayah Gayungan Surabaya selama masa pandemi ini, murid-murid diberi tugas dari LKS dam lembar tugas yang dibagikan setiap Senin. Dalam masa pandemi, karena anak kebanyakan belajar mandiri dirumah maka akan lebih baik jika materi ajar yang diberikan bervariasi. Pembuatan materi ajar yang inovatif dapat meningkatkan minat belajar anak. Salah satu alternatif media ajar tersebut adalah animasi. Program pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan pembuatan bahan ajar animasi menggunakan Ms Power Point dan membantu membuat beberapa materi ajar bagi siswa TK. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan partisipatif, dimana setiap guru dibimbing untuk mempraktikkan langsung materi yang diajarkan. Hasil dari program pengabdian ini adalah: (1)peningkatan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar animasi, (2)terciptanya bahan ajar animasi yang menarik

Referensi

U. Kombartzky, R. Ploetzner, S. Schlag, and B. Metz, ‘Developing and evaluating a strategy for learning from animations’, Learn. Instr., vol. 20, no. 5, pp. 424–433, 2010.

U. Wuryanti and B. Kartowagiran, ‘Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar’, J. Pendidik. Karakter., vol. 6, no. 2, pp. 232–245, 2016.

R. N. Oya and C. A. Budiningsih, ‘Peningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif’, J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 1, pp. 116–126, 2014.

Z. Zakirman and H. Hidayati, ‘Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP’, J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, pp. 85–93, 2017.

N. Azizah, B. B. Butar, and I. T. Wahyuni, ‘Animasi Interaktif Pengenalan Dasar Bahasa Inggris pada TK An-Nuruddin Depok’, Innov. Creat. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 29–40, 2018.

F. Nadhili Rahmadani, ‘LAPORAN KERJA PRAKTIK PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU TK MENGGUNAKAN POWTOON TK PERINTIS BERBAH’, 2021.

R. Mamase, ‘PEMANFAATAN VISUAL ANIMASI SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR’, J. Abdimas Gorontalo JAG, vol. 2, no. 2, pp. 88–94, 2019.

S. L. Fazriah, T. A. Hafshah, and J. R. Maranatha, ‘Penggunaan Media Film Animasi Bisu untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta’, Indones. J. Community Serv. Eng. Educ. IJOCSEE, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2021.

R. Rivalina and others, ‘Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran’, J. Teknodik, vol. 18, no. 2, pp. 165–176, 2014.

L. Kurniawati, R. Akbar, and M. Ali, ‘Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon’, J. EduMa, vol. 4, no. 2, pp. 62–74, 2015.

S. Handayani and S. Hadi, ‘Pelatihan E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang’, JPKMI J. Pengabdi. Kpd. Masy. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 49–58, 2020.

A. Rasyad, ‘MODEL TATA KELOLA PELATIHAN YANG EFEKTIF BERBASIS PENDEKATAN FLEKSIBILITAS, KOLABORATIF, DAN PARTISIPATIF’, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-21

Cara Mengutip

Muhandhis, I. ., Ritonga, A. S. ., Murdani, M. H. ., & A.M., I. . (2022). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi kepada Kelompok Guru TK. Prosiding, 4, 226–229. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/5263

Terbitan

Bagian

Articles