Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen AMDK Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada Era New Normal
Kata Kunci:
Price, Promotion, Product Quality, Consumer SatisfactionAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh secara simultan harga, promosi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen AMDK Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal, (2) pengaruh secara parsial harga terhadap kepuasan konsumen AMDK Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal, (3) pengaruh secara parsial promosi terhadap kepuasan konsumen AMDK Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal, dan (4) pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap kepuasan konsumen AMDK Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Tabanan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan program Microsoft Excel 2019 dan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) harga, promosi dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen AMDK merek Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal, (2) harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen AMDK merek Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal, (3) promosi secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen AMDK merek Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal, dan (4) kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen AMDK merek Le Minerale Kabupaten Tabanan Bali pada era new normal
Referensi
Assauri, S. 2011. Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage. Jakarta: Erlangga.
Gulla, R., Oroh, S.G., & Roring, F. 2015. Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Jurnal EMBA), 3(1), 1313-1322. DOI: 10.35794/emba.3.1.2015.8297
Handoko, T. H. 2002. Manajemen: Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: BPFE.
Kotler. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lenzun, J., Massie, J., & Adare, D. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Jurnal EMBA), 2(3), 1237-1245. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5802
Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Kencana.
Natalia, A.C. 2017. Analisis Faktor Teknologi, Kualitas Layanan, dan Fokus Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi. https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/5532
Orville, Larreche, dan Boyd. 2005. Customer Loyalty and Complex Services: The Impact of Corporate Image on Quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degrees of Service Expertise. International Journal of Service Industri Management, 9(1), 7–23. DOI: 10.1108/09564239810199923
Setyo, P.E. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.
Sukirno, Z. & Poerwanto. 2014. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Yanuar, M., Qomariah, N., & Santoso, B. 2017. Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61-80. DOI: 10.32528/jmbi.v3i1.784
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.