Kemampuan Speaking Mahasiswa Semester 4 Jurusan Sastra Inggris Universitas Putera Batam

Penulis

  • Fasaaro Hulu
  • Ambalegin Ambalegin

Kata Kunci:

Berbicara; Merekam; Observasi; Wawancara.

Abstrak

Peneltian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan speaking mahasiswa dalam bahasa inggris. Dan menggunakan pengukuran kemampuan berbicara berdasarkan tiga kategori menurut teori Luis V. (2010), yaitu; pengukuran pemahaman tentang tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary) dan pengucapan (prounuciation) yang tepat dan benar. Uji kemampuan speaking melaluipenjelasan pada gambar yang ditampilkan didepan kelas, jurusan Sastra Inggris, Universitas Putera Batam,  yakni terdiri dari 53 mahasiswa yang ikut serta sebagai peserta. Dalam memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), merekam kegiatan (recording) dan wawancara (interview) hampir semua mahasiswa yang hadir di kelas. Dan data yang telah diperoleh dianalisa melalui pengelompokan (classifing), perbandingan (comparison) dan membedakan data dalam 5 (lima) kategori, yang terdiri dari kategori; tidak memuaskan atau unsatisfied category (US), kategori cukup atau fair category (F),  kategori baik atau good category (G), kategori baik sekali atau very good category (VG) dan kategori terbaik atau excellent category (E). Serta dianalisa berdasarkan kategori yang ditampilkan melalui tabel dan penjelasan secara rinci dan detail menggunakan teks. Hasil penelitian ditemukan dan ditunjukkan pada nilai tes rata-rata dari 53 mahasiswa diperoleh, 63.67. Didapatkan 10  mahasiswa yang masuk pada kategori US, 26 mahasiswa yang masuk kategori F, 15 mahasiswa yang masuk kategori G dan 2 mahasiswa yang masuk kategori E. Jadi, berdasarkan nilai rata-rata mahasiswa, 63.67 bisa disimpulkan bahwa secara keseluruhan kemampuan speaking mahasiswa masuk pada kategori fair category.

Referensi

Villalobos, Luis. 2010. Rubric A Use Tool ForAssesing Students’s Performance, Published on Sep 9, 2010, in Aguascalientes, Mexico. https://www.slideshare.net/lavillal/rubrics-presentation cited in April 2018.
Berg, B. L. (2001). Qualitative Research Methods for the Social Sciences (Fourth Edi). United States of America: Allyn and Bacon.
Cameron, Lynne. (2001). Teaching Language to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press
Creswell, J. L. (2009). Research Design (Third Edit). United States of America: Sage.
Khan, Nadeem & Ali, A. (2010). Improving the speaking ability in English : The students ’ perspective. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3575–3579. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.554
Lumturize, I. M. & B. (2016). Information Gap Activities to Enhance Speaking Skills of Elementary Level Students, 232, 612–616. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.084
Manurung, K. (2015). Improving the speaking skill using reading contextual internet-based instructional materials in an EFL class in Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 44–51. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.442
Richards, Jack C; Renandya, Willy A., (2002). Methodology In Language Teaching, New York: Cambridge University Press
Spratt, Mary., Pulverness, Alan., Williams, Melanie. (2005). The TKT Course. Cambridge: Cambridge University Press

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-10-15

Cara Mengutip

Hulu, F., & Ambalegin, A. (2018). Kemampuan Speaking Mahasiswa Semester 4 Jurusan Sastra Inggris Universitas Putera Batam. Prosiding, 1, 55–60. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/744

Terbitan

Bagian

Articles