Analisis Kepuasan Pengguna MarketplaceTokopedia Dengan Metode PIECES di Tokopedia Community Batam

Penulis

  • Muhamad Sigid Safarudin

Kata Kunci:

Kepuasan Pengguna; Marketplace; Metode Pieces; Tokopedia Community Batam.

Abstrak

Dari tahun ketahun pertumbuhan akses rumah tangga terhadap internet mengalami peningkatan dari 19,6% di tahun 2013 menjadi 36 % di tahun 2016. Pengguna internet di Indonesia banyak memanfaatkan internet di bidang ekonomi.Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Marketplace yang berdiri ditahun 2009 ini memiliki pertumbuhan penjual 30% pertahun. Kepopuleran dan banyaknya penggguna marketplace tokopedia baik sebagai pembeli ataupun sebagai penjual tidak memberikan jaminan kepuasan bagi pembeli atau penjual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna dengan Metode Pieces. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan online tools. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus kepuasan pengguna dan tingkat kepuasan menggunakan definisi Kaplan dan Norton. (Supriyatna, 2015). Hasil analisis untuk aspek performance sebesar 4,29, aspek information sebesar 4,38, aspek economic sebesar 4,49, aspek control & security sebesar 4,59, aspek eficiency sebesar 4,63 dan terakhir aspek services sebesar 4,33. Penggunaan online tools aspek performance throughput diukur berdasarkan pagesize dengan hasil Pingdom 2 MB, GT Metrix 3,26 MB dan Webpagetest 3,31 MB. Sedangkan response time dari Pingdom 6,08 s, GT Metrix 13,9 s dan Webpagetest 16,625 s. Aspek control & security menggunakan online tools Qualys SSL Labs mendapatkan grade A dan menggunakan UpGuard mendapatkan CSTAR Score sebesar 877. Responden dalam penelitian ini adalah anggota Tokopedia Community Batam tetapi ternyata hanya 30% pengguna yang menggunakan platform tunggal Tokopedia.

Referensi

Aji, R. P., Astuti, E. S., & Susilo, H. (2013). Analisis Implementasi Sistem Informasi Pengadaan Obat Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit (Studi Pada Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang), 1–10.
Anggriawan, D. J., & Andrasto, T. (2014). Website Toko Online yang Terintegrasi dengan SMS Gateway Sebagai Sarana Penunjang Penjualan pada Toko Online Djokjha Shop. Edu Komputika Journal, 1(1), 1–11.
APJII. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 1–39.
Garit Suhendra dan Edy Yukianto. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Nilai Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediator (Survei Pada Pelanggan Bukalapak.Com). Administrasi Bisnis (JAB), 51(2), 58–67.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2016). Infografis Indikator TIK 2016 Rumah Tangga dan Individu, 7. Retrieved from http://www.kominfo.go.id
Muchammad Haidar Tegar Revaldo. (2017). Analisis Kanal Penjualan Produk Fashion pada Tiga E-Marketplace di Indonesia ( Studi Kasus : Ziahijab.Com ). Tugas Akhir Departemen Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Naif, A. (2017). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia.com. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi.
Perkasa, D. A., Saputra, E., Fronita, M., Informasi, J. S., Sains, F., Riau, U. I. N. S., … Belakang, A. L. (2015). Sistem Ujian Online Essay Dengan Penilaian Menggunakan Metode Latent Sematic Analysis ( Lsa ), 1(1), 1–9.
Saputri, A. F. B. A. (2015). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Dan Risiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com (Studi Pada Pengguna Situs Belanja Online Tokopedia.Com). Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, U. K. (2013). Kepuasan Pengguna Layanan Referensi Menurut Keputusan MENPAN 63/KEP/M.PAN/7/2003 (Studi Deskriptif Tentang Layanan Referensi Pada badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur). Libri-Net, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Satriya, O. A. (2015). Analisis E-Commerce Dengan Metode PIieces Pada Situs Lazada.Co.Id. Universitas Islam Indonesia.
Sugara, A., & Rizki Yudhi Dewantara. (2017). Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 8–15.
Supriyatna, A. (2015). Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.
Supriyatna, A., Studi, P., & Informatika, M. (2015). Analisis Dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Ujian Berbasis Web Dengan Metode Pieces Framework. SWABUMI VOL III No . 1 , September 2015 ISSN 2355-990X, III(1), 1–15.
Tullah, R., & Hanafri, M. I. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik LP3I Jakarta Dengan Metode Pieces. Jurnal Sisfotek Global, 4(1), 22–28.
Vania, F. S. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora, 5(1).
Wijaya, N. M. (2015). Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Pelayanan di Perpustakaan Umum Daerah Tabanan. Jurnal Ilmiah D3 Perpustakaan, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-10-17

Cara Mengutip

Safarudin, M. S. (2018). Analisis Kepuasan Pengguna MarketplaceTokopedia Dengan Metode PIECES di Tokopedia Community Batam. Prosiding, 1, 109–114. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/755

Terbitan

Bagian

Articles