PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERSEPSI PEMILIH PEMULA DALAM PILKADA KEPRI 2024 (STUDI PADA REMAJA KOTA BATAM)
Abstract
Partisipasi politik generasi muda saat ini semakin terbuka dan sangat dipengaruhi oleh media sosial yang mereka manfaatkan. Pemilih pemula cenderung memilih menggunakan media sosial sebagai sumber informasi untuk pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden, karena mereka menghabiskan banyak waktu di sana. Survei yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 60,6% dari generasi Z, yaitu mereka yang lahir antara tahun 1995 hingga 2005, memperoleh berita terkait politik melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Instagram sebagai literasi politik terhadap persepsi pemilih pemula pada Pilkada di Kepulauan Riau Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan aliran positivisme serta menggunakan teori S-O-R sebagai panduan kunci. Indikator dalam variabel Pengaruh Instagram (X) ialah efektifitas politik, ekspresi politik dan keberpihakan, serta indikator pada variabel persepsi (Y) ialah penerimaan dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Pengaruh Instagram (X) berpengaruh positif dan bersignifikan terhadap persepsi pada pemilih pemula terhadap PILKADA KEPRI 2024 di Kota Batam secara parsial. Dengan nilai thitung 23.660 serta nilai ttabel 1.654. Dengan nilai Cronbach’s Alpha pada variabel Pengaruh Instagram (X) 0.852 serta pada variabel Persepsi (Y) 0.751 yang dimana dinyatakan reliabel.
Kata Kunci : Pemilih pemula, Partisipasi politik, Teori S-O-R
References
Lubis, A. (2021). Dasar-dasar Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Cindoswari, A. R., & Dina, D. (2019). Peran Media Massa Terhadap Perubahan Perilaku Remaja di Komunitas KPopers Batam. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(2), 275–285.
Fathurokhman, B. (2022). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Journal of Research and Development on Public Policy, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.58684/jarvic.v1i1.68
Musticho, A. W., Salsabilla, I. A., Laila, R., & Sari, M. A. (2023). Peran Pemilih Pemula melalui Ruang Digital dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Umum 2024. Verfassung: Jurnal Hukum Tata Negara, 2(2), 169–186. https://doi.org/10.30762/vjhtn.v2i2.271
Azirah. (2019). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pesta Demokrasi. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 6(2), 86–100. https://doi.org/10.32505/politica.v6i2.2735
Carvalho, B. P., Custódio, C., Geys, B., Mendes, D., & Peralta, S. (2023). Information, perceptions, and electoral behaviour of young voters: A randomised controlled experiment. Electoral Studies, 84(June 2022), 102625. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2023.102625
. M., . I., & Lubis, E. (2020). Student First-Time Voters’ Perception in Jakarta Toward Election System in Indonesia: Through Their Participation in Election. KnE Social Sciences, 2020, 355–365. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7893
Al-Hamdi, R., & Sofyan, N. (2023). To What Extent Political Education Can Influences Young Voters’ Perceptions? Journal of Government and Civil Society, 7(1), 119. https://doi.org/10.31000/jgcs.v7i1.7259
Hindarto, I. H. (2022). Tiktok and Political Communication of Youth: A Systematic Review. JRP (Jurnal Review Politik), 12(2), 146–176. https://doi.org/10.15642/jrp.2022.12.2.146-176
Arianti, G. (2023). Persepsi Pemilih Pemula Mengenai Penerapan Sistem E-Voting Pada Pemilu 2024. Jurnal CommLine, 08(02), 82–93.
Shadiqi, M. A., Mangkurat, U. L., & Ernawati, G. (2022). Educational Intervention Program for Young Voters: Improving Political Knowledge and Voting Behavior in the 2020 Simultaneous Local Elections. Jurnal Politik, 8(1). https://doi.org/10.7454/jp.v8i1.1061
Herning Suryo, & Haryo Kusumo Aji. (2019). Media Sosial Dan Pesan Politik (Persepsi Pemilih Pemula Dalam Menerima Pesan Politik Pada Pemilihan Umum 2019 Melalui Media Sosial). Research Fair Unisri, IV(1), 87–94.