PENGARUH E-FILLING, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA BATAM SELATAN

Penulis

  • Cutliyana Sianipar Universitas Putera Batam
  • Sunarto Wage

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengenalasis seberapa besar pengaruh penerapan E-filing, Pengetahuan Perpajakan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Batam Selatan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kueisioner yang diukur melalui skala likert. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu para wajib pajak orang pribadi yang sudah terdaftar di KPP Pratama Batam Selatan yang berjumlah 346.849 orang dan tekhnik penentuan sampel dilakukan dengan memakai perhitungan rumus slovin, dari perhitungan rumus slovin diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 responden wajib pajak orang pribadi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara kuantitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya yaitu dengan analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji T dan uji determinasi. Data diolah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-filing berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dan secara bersama e-filing, pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Batam Selatan.

Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak; E-filing; Pengetahuan Perpajakan; Kualitas Pelayanan

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-15