PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ONLINE SHOP THE ZENZY SHOES

Penulis

  • Lusnia Lusnia Nuriani Universitas Putera Batam
  • Syaifullah Universitas Putera Batam

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Online Shop The Zenzy Shoes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif. Populasi yang dimanfaatkan terdiri dari 234 konsumen Online Shop The Zenzy Shoes. 234 konsumen dijadikan sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25, teknik analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda, kualitas produk (X1) berpengaruh sebesar 0,352 atau 35,2% terhadap kepuasan konsumen (Y) dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 0,563 atau 56,3% terhadap kepuasan konsumen (Y). Faktor kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 80,0% menurut data koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji t kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen serta hasil uji f diperoleh bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-12