PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS PEMBELI DI APLIKASI JD.ID PADA MASYARAKAT KOTA BATAM
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Keamanan, Loyalitas PembeliAbstrak
Loyalitas merupakan sebuah kunci utama bagi para pembeli agar tetap melakukan proses pembelian secara terus-menerus terhadap perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Dengan adanya pembeli berarti sebuah bisnis yang dikelola oleh perusahaan akan berjalan dengan baik. Untuk mencapai loyalitas dari pembeli, perusahaan didorong dapat memberikan pelayanan yang berkualitas serta adanya kepercayaan agar pembeli merasa puas. Selain itu, perusahaan juga harus mampu meningkatkan keamanan agar terhindar dari kejahatan siber yang akan merusak sistem jaringan dan data-data pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan keamanan terhadap loyalitas pembeli di Aplikasi JD.ID pada masyarakat Kota Batam. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel dari para pembeli di Aplikasi JD.ID berjumlah 200 orang dikarenakan teknik sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner dan jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jawaban responden dalam penyebaran kuesioner, hasil pengolahan data dilakukan melalui perangkat lunak aplikasi SPSS versi 25. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inteferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pembeli, terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kepercayaan terhadap loyalitas pembeli, terdapat pengaruh signifikan dan positif antara keamanan terhadap loyalitas pembeli, terdapat pengaruh signifikan dan positif antara kualitas pelayanan, kepercayaan dan keamanan terhadap loyalitas pembeli.