PENGARUH PANDANGAN IKLAN, DIGITAL MARKETING, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA PT BIRO PERJALANAN WISATA NUSA INDAH

Penulis

  • Kelvin Ng Education
  • Nora Pitri Nainggolan Nainggolan Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i3.7436

Kata Kunci:

Nora Pitri Nainggolan, S.E., M.Si.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pandangan iklan, pemasaran digital, dan merek
kepuasan penumpang di PT Nusa Indah Travel Bureau. Penelitian ini menggunakan a
jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna atau orang yang
telah menggunakan produk dan layanan dari PT. Biro Perjalanan Wisata Nusa Indah dengan tidak diketahui
ukuran populasi. Sampel penelitian menggunakan rumus Cochran dengan jumlah 100
responden dengan menggunakan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan akan
dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik,
uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda
menunjukkan bahwa tampilan iklan berpengaruh sebesar 20,5% terhadap kepuasan penumpang. Digital
pemasaran memiliki pengaruh sebesar 33,5% terhadap kepuasan penumpang. Citra merek memiliki
pengaruh sebesar 31,7% terhadap kepuasan penumpang. Analisis koefisien determinasi
(R2) menunjukkan bahwa dilihat dari advertising, digital marketing dan brand image memiliki pengaruh yang kuat
pengaruh terhadap kepuasan penumpang di PT. Biro Perjalanan Wisata Nusa Indah dengan proporsi sebesar
pengaruh sebesar 67,7% Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun
secara bersamaan dilihat dari advertising, digital marketing, dan brand image memiliki pengaruh yang positif
dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang di PT Biro Perjalanan Wisata Nusa Indah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-11

Terbitan

Bagian

Articles