POLITICAL BRANDING AKUN INSTAGRAM @ANIES BASWEDAN DALAM ISU PILPRES INDONESIA 2024

Penulis

  • Arnanda Nopriandika Arnanda Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i4.7544

Kata Kunci:

Political Branding; Pemilihan Presiden; Instagram; Media Sosial; Penelitian Kualitatif

Abstrak

Munculnya Instagram sebagai New media membuat banyak orang memanfaatkan Instagram dalam beberapa aspek kehidupan, diantarnya sebagai media komunikasi maupun sebagai media dalam pemasaran produk atau jasa, dan media kampanye partai politik maupun media dalam membranding diri bagi para tokoh masyarakat serta politisi.  Seperti halnya yang dilakukan oleh Anies Baswedan yang merupakan calon Presiden pada Pemilihan Presiden Indonesia 2024. Anies Baswedan melakukan branding pada dirinya melalui Instagram dengan cara menampilkan konten-konten yang berkaitan dengan kegiatan keseharian dan kegiatan saat ia kunjungan ke beberapa daerah yang ada di Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana political branding akun Instagram @aniesbaswedan dalam isu pilpres Indonesia 2024, Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui political branding akun Instagram @aniesbaswedan dalam isu pilpres Indonesia 2024. jenis penelitian ini adalah Kualitatif,  dengan menggunakan metode Kualitatif interpretatif dan pendekatan yang digunakan adalah direct content analysis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Miles and Huberman dengan empat tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Anies Baswedan membranding dirinya menjadi empat kategori dalam unggahannya di Instagram, kategori pertama sebagai pemimpin yang Jujur, kategori kedua Pemimpin yang Cerdas, kategori ketiga pemimpin yang Visioner, kategori  keempat yaitu  pemimpin yang mampu menjadi Trendsetter.

Referensi

Abidin, S., & Cindoswari, A. R. (2019). Political Branding Ridwan Kamil Pada Masa Kampanye Pilgub Jawa Barat 2018 Melalui Twitter. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 33–48. https://doi.org/10.33884/commed.v4i1.1439

Aryadillah, & Fitriansyah, F. (2022). Strategi Kampanye Politik Anies Baswedan dalam Membangun Citra Politik Pada Pemilihan Presiden tahun 2024. Jurnal Public Relations, 2(1), 87–92. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/1150

Dr. Rulli Nasrullah, M. S. (2016). Teori dan riset media siber (cybermedia).

Dr. Rulli Nasrullah, M. S. (2017). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (Nunik Siti Nurbaya (ed.); Cetakan ke). Bandung : Simbiosa Rekatama Media 2017 Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Firmanzah. (2008). Marketing politik: antara pemahaman dan realitas. Yayasan Obor Indonesia.

Husna, A. (2017). Analisis Political Branding Calon Kepala Daerah Dalam Pilkada Aceh 2017. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 56–73.

Istikaroh, A. (2019). Model Kepemimpinan Berkarakter dalam Konteks Manajemen Hubungan Masyarakat di Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.1928

Lukmantoro, T. (2012). Peran Komunikasi Dalam Demokratisasi. Ilmu Komunikasi Fisip, 40(1), 51–56.

Mitsikopoulou, B. (2008). Introduction. Journal of Language and Politics, 7(3), 353–371. https://doi.org/10.1075/jlp.7.3.01mit

Mulyani, R. (2021). Political Branding Tsamara Amany Alatas Selama Masa Kampanye Pemilu Legislatif 2019 di Media Sosial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i1.1554

Nasrullah. (2016). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi.

Pawito. (2015). komunikasi politik : media masa dan kampanye pemilihan. Yogyakarta : Jalasutra.

Putra, O. D. (2022). POLITICAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ ganjar _ pranowo

Political Branding Ganjar Pranowo Through Instagram Social Media @ ganjar _ pranowo Abstrak. July, 1–16.

Rasyid, A. A., Batam, U. P., Purwanti, A., & Batam, U. P. (2020). Pemanfaatan Instagram Oleh Generasi Milenial Sebagai Media. July.

Scammell, M. (2007). Political brands and consumer citizens: The rebranding of Tony Blair. Annals of the American Academy of Political and Social Science, 611(1), 176–192. https://doi.org/10.1177/0002716206299149

Suryawati, I. (2021). Political Branding Gubernur Indonesia Melalui Media Sosial. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 23–38.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-13

Terbitan

Bagian

Articles