Membangun Citra Pariwisata Kota Batam Melalui Analisis Konten Instagram @Batampromotion

Penulis

  • Yomi Shela Raihan Lubis Universitas Putera Batam
  • Michael Jibrael Rorong Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i5.7559

Kata Kunci:

Batam, Konten, Instagram, Citra, New Media

Abstrak

@batampromotion adalah media informasi promosi Batam di Instagram yang telah dipercaya masyarakat untuk berbagi informasi seputar pariwisata, properti, otomotif, kuliner, dan lainnya di Batam. @batampromotion cukup aktif mengupdate konten-konten di Instagram yang membuat pengguna Instagram tertarik untuk mengikutinya. @batampromotion adalah salah satu akun yang memiliki profil terkemuka di Instagram, sebagai pembuat konten yang menciptakan hal-hal yang menarik perhatian publik sesuai dengan trending topik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Instagram @batampromotion membangun citra pariwisata Batam melalui analisis konten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis isi dengan obyek penelitian adalah konten pada Instagram @batampromotion. Hasil penelitian adalah @batampromotion menggunakan strategi komunikasi melalui New Media Instagram dengan mengutamakan kualitas konten yang menarik dan cara berkomunikasi yang santai sehingga mudah dipahami oleh followers dan/atau pengguna Instagram lainnya. Citra yang dibangun melalui konten Instagram @batampromotion, Batam digambarkan sebagai kota wisata yang fokus pada tempat hiburan. Bentuk komunikasi yang digunakan adalah komunikasi verbal yang memudahkan followers menerima informasi lebih detail dengan menambahkan penjelasan teks pada konten.

Referensi

Ab, A. (2018). The influence of destination image on tourist revisit intention to south sulawesi destination in 2014. Sosiohumaniora, 20(3), 207–214. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i3.14050

Apriliyanti, E., Hudayah, S., Za, S. Z., Ekonomi, F., & Mulawarman, U. (2020). Pengaruh daya tarik wisata , citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda tourist satisfaction of commercial images as a center of cultural reflection typical of samarinda city. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153.

Budiman, I. T. R., Rondonuwu, D. M., & Tungka, A. E. (2018). Analisis Elemen-Elemen Pembentuk Citra Kota Di Kawasan Perkotaan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Spasial, 5(2), 190–199.

Cindoswari, A. R., & Rorong, M. J. (2022). KOMPARASI MEDIA KONVENSIONAL DAN BARU DALAM PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DI KOTA BATAM. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 4, 78–86.

Dawani, Y., & Ahmadi, D. (2015). " City Branding " Bandung sebagai Kota Kreatif Studi Deskriptif Mengenai City Branding Bandung sebagai Kota Kreatif dalam Menarik Wasatawan Domestik ke Kota Bandung Bandung " City Branding " as Creative City Descriptive Study about Bandung City Branding as Creative City in Attracting. 523–529.

Dwi, E., & Watie, S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial ( C ommunications and Social Media ). III, 69–75.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @ YHOOPHII _ OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN. 14(1), 32–41.

George, P. (2003). Self Development Module. 1–57.

Li, C. I., Kusuma, R. K., Djohnpetraacid, E., & Jokom, R. (2021). DESKRIPSI CITRA DESTINASI DI SOSIAL MEDIA MENGGUNA; #LABUANBAJO. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 9(2).

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (n.d.). KONSEP CITY BRANDING SEBUAH PENDEKATAN “ THE CITY BRAND HEXAGON ” PADA PEMBENTUKAN. (2013), 315–323.

Marliya, R. D. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Online “Grosir Kosmetik Karangjati". 13–24.

Maulida, S., & Fazri, A. (2022). Peran Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan City Branding Pada Promosi Wisata Kabupaten Aceh Selatan. 1(2), 44–50. https://doi.org/10.55123/toba.v1i2.366

Nasution, O. B., & Rohman, I. Z. (2022). PERAN AKUN MEDIA SOSIAL BERBASIS KONTEN PARIWISATA Pendahuluan. 8, 774–789.

Nugroho, T. A., Azzahra, F. C., & Yukka, M. (2022). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI SOCIAL COMMERCE USAHA BRO . DO. 5(1), 136–149.

Nusantara, J. K. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. 2(1), 1–9.

Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk “ Rendang Uninam ” The Effectiveness of Instagram as a Promotional Media of Products “ Rendang Uninam .” 05(01), 64–82.

Ramadanty, S. (2014). PENGGUNAAN KOMUNIKASI FATIS DALAM PENGELOLAAN HUBUNGAN DI TEMPAT KERJA. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–12.

Rorong, M. J., & Suci, D. (2020). REPRESENTASI MAKNA FEMINISME PADA SAMPUL MAJALAH VOGUE VERSI ARABIA EDISI JUNI 2018 (Analisis Semiotika dengan Perspektif Roland Barthes) (Vol. 13). Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/

Sianturi, G. H. D., & Purwanti, A. (n.d.-a). Citra Kota Batam Sebagai Kota Pariwisata Menurut Wisatawan Yang Berkunjung Ke Kota Batam Kajian Teori.

Sianturi, G. H. D., & Purwanti, A. (n.d.-b). Citra Kota Batam Sebagai Kota Pariwisata Menurut Wisatawan Yang Berkunjung Ke Kota Batam Kajian Teori.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-14

Terbitan

Bagian

Articles