REPRESENTASI LATAR BELAKANG KONFLIK NAZI DAN YAHUDI PADA SERIAL ANIME ATTACK ON TITAN
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i4.7769Kata Kunci:
Representasi, Latar Belakang Konflik, Teori SemiotikaAbstrak
Kemiripan Attack on Titan dengan sejarah peradaban manusia dapat dilihat pada Perang Dunia II, ketika Nazi berkuasa di Jerman pada tahun 1933, yang merupakan tahun pertama Nazi mendirikan kamp konsentrasi (Ghetto) untuk memisahkan dan memenjarakan orang Yahudi. lawan politik, dan orang-orang yang dianggap rendah seperti homoseksual, orang Roma (Gipsi), beberapa orang Slavia (Rusia, Polandia dan lain-lain) dan penyandang cacat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil representasi latar belakang konflik nazi dan yahudi dalam serial anime penyerangan titan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis semiotika. Peneliti akan mengamati secara mendalam potongan Scene dari serial anime berjudul attack of titan dengan total 10 scene, Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi literatur, alur analisis mengikuti model analisis interaktif seperti yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan anime "Attack on Titan" dan peristiwa sejarah yang melibatkan Nazi dan Yahudi. Memahami bagaimana dialog dan adegan dalam anime "Attack on Titan" dapat dikaitkan dengan peristiwa sejarah aktual yang melibatkan Nazi dan Yahudi memerlukan analisis pendekatan semiotika Roland Barthes.
Referensi
Adinata, I., & Islam, M. A. (2022). Interpretasi Semiotika Dalam Title Sequence Pertama Anime Attack on Titan : the Final Season. Jurnal Barik, 3(3), 1–15.
Afidah, A. N. (2018). Representasi konflik ideologi antar kelas dalam film THE HELP. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 100.
Akbar, M. F. (2018). Amuk Massa: Konflik dan Resolusi di Desa Suradadi, Kota Tegal. Conflict Management Unnes Student Working Paper Series 2017.
Amri, M. (2018). Sejarah, Teologi, dan Kebudayaan Yahudi (p. 241). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/15272
Arends, R. (2020). Representasi idola pada film Shingeki no Kyojin. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Endarini, E. R. (2019). Representasi Idola Film Animasi Shingeki No Kyojin Pada Tokoh Levi Dan Mikasa. ARTic, 4(10), 177–192. https://doi.org/10.34010/artic.2019.4.2448.177-192
Fiske. (2018). Penyelesaian konflik yang direpresentasikan dalam film Tarung Sarung. Jurnal Komunikasi, 1(1), 1–10.
Hall, S. (2020). Teori representasi (theory of representation ).
Ivada, S. M. (2022). Representasi penyelesaian konflik keluarga dalam film gara gara warisan. Jurnal, 1(1), 1–10.
Muhammad. (2018). Analisis Semiotik Representasi Kegigihan Dalam Serial Animasi Hunter X Hunter.
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40246
Muhammad Khairul Nizam, & Susanti, A. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE PESAN MORAL DALAM FILM ANIMASI ATTACK ON TITAN THE FINAL SEASON. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 5–24.
Nina, & Prasetyaningsih. (2018). Representasi idola pada film Shingeki no Kyojin. 41807023, 20–50.
Putri, E. M. A. (2021). REPRESENTASI KONFLIK DALAM FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (pp. 19–61).
Sobur, A. (2004). Analisis Teks Media. PT Remaja Rosdakarya.