PENGARUH TERPAAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KARAKTER PRIBADI REMAJA SMAN 5 BATAM
PENDAHULUAN, KAJIAN TEORI, METODOLOGI PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i2.8366Kata Kunci:
Remaja, Media Sosial Instagram, Teori S-O-RAbstrak
Penelitian ini dilakukan di lingkungan sekolah menengah atas (SMA) dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana remaja terpapar konten media sosial Instagram, penggunaan atau minat remaja dalam menggunakan media sosial Instagram dan pengaruh paparan konten media sosial Instagram terhadap karakter pribadi remaja. Instagram adalah media sosial yang pengguna aktifnya adalah remaja, sehingga media sosial Instagram memiliki pengaruh pribadi yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan teori yang digunakan adalah teori S-O-R. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa perempuan di SMAN 4 Batam dengan total 1.891. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak dan proses penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga dari rumus ini sampel 95 siswa dihasilkan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda adalah Y=20,89 + 0,353, yang berarti koefisien regresi memiliki nilai positif, sehingga dijelaskan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y positif. Hasil koefisien uji determinasi menjelaskan bahwa pengaruh terhadap paparan variabel terhadap konten media sosial Instagram adalah 37,6%, sedangkan sisanya 62,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak termasuk dalam penelitian yang sedang diteliti oleh peneliti.
Referensi
Khairunnisa. (2014). Dampak Aplikasi Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Dalam Berbelanja Online Di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(4), 220–230.
Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5973
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Yelvita, F. S. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Abidin, M. (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response. Nivedana : Jurnal Komunikasi & Bahasa, 3, 49–52.
Sari, A. C., Indonesia, U. M., Hartina, R., Indonesia,
U. M., Awalia, R., Indonesia, U. M., Iriyanti, H., & Indonesia, U. M. (2018). Komunikasi dan media sosial. December.
Bhr, D. I., & Office, L. A. W. (2019). Strategi komunikasi dalam meningkatkan.kinerja karyawan di bhr law office. 4(2), 115–124.
Rorong, M. J. (2019). Penempatan Teori Dalam Ilmu Komunikasi. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 90–107. https://doi.org/10.33884/commed.v4i1.1417
(Book_2018_Ghozali.Pdf, n.d.)
BUKU AJAR PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI.pdf. (n.d.).