STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF HOTEL SWIS-BELL HARBOUR BAY DIKOTA BATAM PASCA PANDEMI COVID-19
PENDAHULUAN, KAJIAN TEORI, METODOLOGI PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i1.8391Kata Kunci:
Strategi, Hubungan Masyarakat, Citra Positif, Pasca Pandemi Covid 19Abstrak
Swiss-Bell Harbour Bay Batam Hotel, terdampak pandemi COVID-19, menjalani studi yang bertujuan untuk mengungkap strategi pemeliharaan citra pasca pandemi. Dengan metode kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi upaya hubungan publik hotel. Dengan menggunakan strategi hubungan publik Cutlip, Center, dan Broom, studi ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi literatur untuk pengumpulan data. Public Relations mengadopsi berbagai taktik, menekankan pemanfaatan teknologi, analisis pasar reguler, acara, inisiatif CSR, dan komitmen yang konsisten terhadap kualitas layanan yang unggul. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam pergantian karyawan dan mengurangi kunjungan tamu asing pasca-COVID-19. Sebaliknya, faktor pendukung termasuk membangun lingkungan kerja yang menyenangkan, memanfaatkan pemasaran mulut ke mulut, dan membentuk kolaborasi dengan hotel lain. Pada intinya, strategi pemeliharaan citra pasca pandemi Swiss-Bell Harbour Bay Batam Hotel bergantung pada teknologi, kesadaran pasar, dan layanan berkualitas, dengan tantangan yang timbul dari pergantian karyawan dan berkurangnya tamu internasional yang didukung oleh lingkungan kerja yang positif, pemasaran yang efektif, dan kemitraan strategis.
Referensi
Anggraeni, V. R. (2022). Strategi Public Relation Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada PT. Vale Indonesia Tbk.).
Chusumastuti, D. (2022). Strategi Hotel Lombok Astoria Dalam Mempertahankan Citra di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3).
Deva, A. P. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam untuk Menarik Minat Pengunjung di Era New Normal.
Humairah, S. (2019). Strategi Public Relation Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Bengkulu).
Khosiah, et al. (2017). Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Pemerintah Membuka Area Pertambangan Emas di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. 1(2), 141–149.
Magreza, A. R. (2023). Strategi Public Relations PT. DANA PURNA INVESTAMA Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. SEMAKOM: Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 1.
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.
Purba, R. S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Mempertahakan Citra Positif MA’HAD HADHARATUL ISLAMIYAH Di Desa Sipispis Kecamatan Sipispis.
Taufiq, R. S. F. (2022). Strategi Komunikasi Pasca Krisis Pelaku Pariwisata Kota Batam pada Periode Kenormalan Baru (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam dan Swiss-belhotel Harbour Bay Batam).
Thandzir, M. (2023). Kebangkitan Industri Perhotelan Di Kota Batam Pasca Pandemi Covid 2019. Jurnal Mata Pariwisata, 2(1).
Wigati, E. (2022). Penerapan CHSE Menghadapi New Era Untuk Meningkatkan Income Hotel Jambuluwuk Jogyakarta. 2(2).
Yasmin, S. (2022). Strategi Humas Mempertahankan Citra Hotel Aston Priority Simatupang di Tengah Pandemi Covid-19.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing, Medan.
Glen M. Broom, B.-L. S. (n.d.). Cutlip and Center’s Effective Public Relations, 11/e. WordPress.com. https://wartafeminis.files.wordpress.com/2020/07/glen-m.-broom_-bey-ling-sha-cutlip-and-centers-effective-public-relations-pearson-college-division.pdf
Cutlip, Center, B. (2000). Effective Public Relations.
Effendy, O. U. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Rosdakarya.
Kriyanto, R. (2008). Riset Komunikasi. Kencana Media Group.
Lipman, W. (1922). Public Opinion.
Nova, F. (2011). CRISIS PUBLIC RELATIONS Strategi PR menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, dan Reputasi Perusahaan. Rajawali Pers.
Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT Raja Grafindo.
RIAU, B. P. P. K. (2021). Provinsi Kepulauan Riau. Kepri.Bpk.Go.Id. https://kepri.bpk.go.id/provinsi-kepulauan-riau/
Batam, B. (2021). Sejarah Batam. Bpbatam.Go.Id. https://bpbatam.go.id/tentang-batam/sejarah-batam/
Batam, J. K. (2021). Sejarah Batam. Jdih.Batam.Go.Id. https://jdih.batam.go.id/