PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION DAN BRAND LOYALTY SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA BATAM
PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION DAN BRAND LOYALTY SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i2.9560Abstrak
Perbelanjaan melalui perdagangan elektronik merupakan salah satu metode baru yang berkembang pesat pada era saat ini. Banyak perusahaan perdagangan elektronik menyediakan layanan serupa karena perdagangan elektronik memiliki peranan penting dalam membangun ekuitas merek yang kuat di mata konsumen serta menampilkan nilai dari produk atau layanan yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek Shopee terhadap keputusan pembelian konsumen di Kota Batam. Studi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengujian data yang digunakan dalam studi penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Alat pengujian data dalam studi penelitian ini di bantu dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner terstruktur secara daring kepada 111 responden yang mewakili berbagai segmen usia, jenis kelamin, dan wilayah tempat tinggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 81.2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kesadaran Merek; Asosiasi Merek; Loyalitas Merek; Keputusan Pembelian
Referensi
Andik, S. D. S., & Rachma, A. F. (2022). The Impact of Brand Awareness, Brand Association, and Perceived Quality towards Brand Loyalty (A case study of New Product). E3S Web of Conferences, 348. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202234800035
Bernarto, I., Berlianto, M. P., Meilani, Y. F. C. P., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412-426.
Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian. www.penerbitbukumurah.com
Juusola, K., Wilkins, S., & Jamous, S. (2023). Branding discourses in transnational higher education in the era of hypercompetition: leveraging secondary brand associations. Compare: A Journal of Comparative and International Education, 1-18.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2022). Branding in B2B firms. In Handbook of business-to-business marketing (pp. 205-224). Edward Elgar Publishing.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Ramadani, A. G., & Rachmawati, E. (2022). The Influence of Brand Awareness, Brand Association, Brand Image, and Word of Mouth on Samsung Smartphone Purchase Decisions. 8(1). https://doi.org/10.21070/jbmp.v8vi1.1610
Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.
So, K. K. F., Yang, Y., & Li, X. (2024). Fifteen Years of Research on Customer Loyalty Formation: A Meta-Analytic Structural Equation Model. Cornell Hospitality Quarterly. https://doi.org/10.1177/19389655241276506
Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. In CommIT Journal (Vol. 16, Issue 1).
Suryani, S. D., Sari, C. I., Witriyani, S., & Pratiwi, Y. (2024). The Influence of Location and Service Quality on Consumer Purchasing Decisions at Belina Mart in Batusangkar. SAKO: Journal of Islamic Studies, 1(1), 28-37.
Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE). AdBispreneur, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.26473
Zuniarti, I., Pramularso, E. Y., Kuspriyono, T., Winarno, S. H., Marwansyah, S., Irawan, R., ... & Rahmiyatun, F. (2022). The Influence Of Consumer Decisions On The Desire To Shopping: Easy Of Use And Usefulness. International Journal of Social and Management Studies, 3(2), 212-219.