Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Dan Inovasi Desain Terhadap Loyalitas Pembelian Merek Oppo Di Kota Batam

Penulis

  • Eddi Universitas Putera Batam
  • Winda Evyanto Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i1.9616

Kata Kunci:

Daya Tarik Iklan, Inovasi Desain, Kualitas Produk, Loyalitas Pembelian

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, daya tarik iklan, dan inovasi desain terhadap loyalitas pembelian merek Oppo di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna produk Oppo di Kota Batam pada tahun 2024, dengan jumlah responden yang tidak diketahui secara pasti. Penarikan sampel dilakukan menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah 100 responden ditarik melalui metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Proses analisis mencakup pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memberikan kontribusi sebesar 20,2% terhadap loyalitas pembelian, daya tarik iklan berkontribusi sebesar 33,6%, dan inovasi desain menyumbang sebesar 28,1%. Koefisien determinasi (R²) mengindikasikan bahwa kualitas produk, daya tarik iklan, dan inovasi desain secara bersama-sama memengaruhi loyalitas pembelian sebesar 83,6%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Uji t dan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk, daya tarik iklan, dan inovasi desain memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pembelian merek Oppo

Referensi

Andi, E. Y., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Layanan Indihome. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 341–349. https://doi.org/10.32534/jv.v16i2.1840

Aprillia, K., & Putra, Y. D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Virtual Dalam Game Mobile Legends Bang - Bang Di Kota Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 775–781. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Apriyani, N. C. A., & Tjajahningsih, E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Sikap Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Sepatu Bata Di Toko Cabang Mall Paragon Semarang. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 1521–1529.

Cleavelano, A., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Iklan dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Tissue Merek Multi di Kota Batam. ECo-Buss, 6(3), 1043–1054. http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2632%0Ahttp://repository.upbatam.ac.id/2632/1/Cover s.d bab III.pdf

Esha, D., & Pratama, P. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Roti Bakar 88 Kutabumi Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 17–28. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jmb/article/view/6129

Liana, Y., Putri, I., Djafri, T., & Priyo, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Shopee. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 77–85. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1866

Mansur, M. J., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lazada Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 579–591.

Panjaitan, R. (2019). Effect of Price, Service Quality, and Design Innovation on Minorfighters Brand Loyalty. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(2), 186. https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i2.2295

Pradiani, T., Suwandi, & Fathorrahman. (2022). The Influence of Service Quality and Product Quality Through Customer Satisfaction on Customer Loyalty at Vegetarian Restaurant Fortunate Taste Batam. International Journal of Social Science and Business, 7(2), 466–475. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.52995

Qomariyah, L., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Teh Pucuk Harum Di Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 88–102. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rafly, M. I., & Tjahjaningsih, E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Sikap Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pembelian (Studi Pada Pelanggan Di Toko Sepeda Wijaya Cepiring). Journal of Economic, Business and Accounting, 7(5), 1102–1110.

Rahmawati, I., & Pratama, K. E. (2022). Pengaruh Differensiasi Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Handphone Oppo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unwaha). Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i2.3293

Sabarino, A., Ma’ruf, J. J., Utami, S., Murkhana, & Djalil, M. A. (2019). The Effect Of Service And Innovation On Brand Equity And Its Impact On Loyalty Of Tvri (Indonesian National Tv Station) Aceh Selection Banda Aceh, Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(1), 133–137.

Tarmidi, D., & Wijaya, K. P. (2023). The Impact Of Perceived Value And Product Innovation Toward Loyalty’s Brand On Video Premium Application Services. Jurnal Ekonomi, 12(1), 1572–1576.

Zahroniya, S., Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Wardah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Nasional, 1(2), 262–270. https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2181%0Ahttps://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/download/2181/1436

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-17

Terbitan

Bagian

Articles