PENGARUH E-WOM, KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MS GLOW DI KOTA BATAM

Penulis

  • Icalni Gulo Universitas Putera Batam
  • Suhardi Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i2.9645

Kata Kunci:

E-WOM, Kepercayaan Konsumen, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-wom, kepercayaan konsumen dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Skincare MS Glow di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang terdiri dari masyarakat yang pernah membeli dan menggunakan produk Skincare MS Glow di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah melalui kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 26. Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa e-wom mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skincare MS Glow di Kota Batam. Selain itu kepercayaan konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan pengaruh terhadap keputusan pembelian produk Skincare MS Glow di Kota Batam. Variabel brand awareness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skincare MS Glow di Kota Batam. Secara simultan e-wom, kepercayaan konsumen dan brand awareness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skincare MS Glow di Kota Batam.

Referensi

Ariono, J., & Suhardi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Lubricant Indo Makmur. Scientia Journal : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1).

Chrismardani, Y. (2023). Konsep dan Praktek e-Word of Mouth (e-WOM) (N. Andriani, Ed.; 1st ed.). CV. Eureka Media Aksara.

Febriyanti, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). JIMEK, 2(2).

Firmansyah, M. A. (2020). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strtegy) (Q. Media, Ed.; 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200

Husda, N. E., Suhardi, & Inda, S. (2023). Metodologi Penelitian Kulitatif, Kuantitatif dan Researtch & Development (R & D) (Yunisa Oktavia, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UPB Press.

Idham, E. R., & Suhardi. (2020). Pengaruh Promotion , Brand Image Dan Word Of Mouth. Ekuivalensi, 6(2), 297–311.

Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK REVLON (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 101. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41293

Nina Halimatu Salamah, Diana Triwardhani, H. N. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce Hijup. KORELASI (Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 2, 249–269.

Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., Susilowati, H., Bambang, & Zulfikar, R. (2021). Brand Marketing. In Grup CV. Widina Media Utama (1st ed.). Widina Bhakti Persada.

Razak, M. (2020). Perilaku Konsumen. In Sustainability (Switzerland) (2nd ed., Vol. 11, Issue 1). Alauddin University Press.

Rifa’i, K. (2023). Kepuasan Konsumen (H. M. HS, Ed.; 1st ed.). UIN KHAS Press.

Sari, A. C. M., & Lestariningsi, M. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN APLIKASI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajeme.

Sholikha, M. U., & Soliha, E. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Electronic Word Of Mouth, Dan Product Placement Pada Konten Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific (Studi Pada Pengguna Skintific Di Kota Semarang). 5(1), 1338–1348.

Siboro, R. M., & Suhardi. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Tokopedia di Batam. Jurnal Ekuivalensi, 6(1), 118–132.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., & Gheta, A. P. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. In A. Sudirman (Ed.), Cv. Media Sains Indonesia (1st ed., Issue January). CV. Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen.

Suhardi. (2023). Pengantar Ekonomi Mikro (Edisi Revisi) (R. P. Setyaningrum & N. Aisyah, Eds.; 1st ed., Vol. 1). Gava Media.

Sukmawati, S. P., & Fitriyah, Z. (2021). Efek Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian (1st ed.). CV. Mitra Abisatya.

Sungkawati, E., Meliantari, D., Egim, A. S., & Mulyana, M. (2022). Perilaku Konsumen (D. E. Putri, Ed.; 1st ed.). CV. Eureka Media Aksara.

Tan, W., & Suhardi. (2021). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Bekas Pada PT. Ong Citra Nusa. Ekuivalensi, 7(1), 49–57.

Tingga, C. P., Sholihat, W., Susanto, P. C., & Handayani, T. (2022). Seni Pemasaran Kontemporer (A. Sudirman, Ed.; 1st ed.). CV. Media Sains Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-15

Terbitan

Bagian

Articles