Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sun Care Wardah Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i3.9813Kata Kunci:
Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Loyalitas PelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Sun Care Wardah di Kota Batam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen Sun Care Wardah di Kota Batam pada tahun 2024 dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Penentuan sampel dilakukan menggunakan rumus Jacob Cohen yang menghasilkan 204 responden dan metode purposive sampling diterapkan sebagai teknik sampling berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis yang diterapkan mencakup pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, analisis pengaruh, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berkontribusi sebesar 21,5% terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan memiliki pengaruh sebesar 33,0%, dan kepercayaan pelanggan berkontribusi sebesar 18,3%. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan secara bersama-sama memengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 68,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar cakupan penelitian. Uji statistik menggunakan uji t dan uji F mengonfirmasi bahwa kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Sun Care Wardah di Kota Batam
Referensi
Aini, T. N. (2020). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2), 88–98. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.194
Alverina, C., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bravo Engineering Batam. 20(1), 105–123.
Andalusi, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada konsumen PT.BCA Finance, Kantor Pusat Jakarta Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 80. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v5i1.10740
Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 60–77. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.545
Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214
Armadani, R. D., & Rismawati. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Excelso Cabang Ahmad Yani Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(8).
Atmajayanti, A., & Saputro, E. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika, 13(1), 143–157.
Audina, C., & Rakhman, A. (2023). Pengalaman dan Kepuasan Berpengaruh Positif terhadap Loyalitas Pelanggan Gofood di Jakarta. Jurnal Manajemen, 12(2), 24–39. https://doi.org/10.46806/jman.v12i2.954
Buana, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Studi Manajemen. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(2), 714–728. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i2.236
Desri, S., Fitriandi, Yollanda, F., & Zulfitri, V. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan TerhadapLoyalitas Pelanggan JNE Di Kota Payakumbuh. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 342–348.
Diansyah, R. J., & Chrismardani, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Motor Honda Vario Di Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Jayakarta, 5(2), 113–128.
Emasno, F. M., & Wijayanti, R. F. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Shopee Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(4), 211–216. http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/449%0Ahttps://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jab/article/download/449/281
Fakhri, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Buku Fadira Pekanbaru. Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 13(3).
Handoko, A. D., & Ronny, R. (2021). Pengaruh Faktor Keamanan, Keandalan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bri Dalam Menggunakan Mobile Banking. Image : Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 79–91. https://doi.org/10.17509/image.v9i2.28598
Ilfathna, Z. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (studi pada kober mie setan di kota malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1).
Lubis, M. D. P., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.30812/target.v5i2.3021
Lutfiani, A. N., & Musfiroh, M. F. S. (2022a). Pengaruh Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(3), 64–74.
Lutfiani, A. N., & Musfiroh, M. F. S. (2022b). Pengaruh Kepercayaan Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(3), 50–64.
Muslim, Taufik, E. R., & Lutfi. (2020). Mempertahankan Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Nasabah (Studi Empirik Nasabah Tabungan Produk Tamasa BPR Serang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(2), 309--352.
Oktadiani, O. D., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fhasion Uniqlo di Tunjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–21.
Ramdaniah, S., Mintarti, S., & Nadir, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Jamaah Umroh PT. Arrehlah Wisata Samarinda). Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman, 1(1), 115–121. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JESM/article/view/9529
Safitri, E. R., & Siagian, M. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jnt Expres Cabang Batam. Scientia Journal, 6(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/49142
Siantry, A., Untari, D. T., & Andrian, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Karoseri PT . Adhikarisma Pratama. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(Maret), 211–222.
Siboro, R. M., & Suhardi, S. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Tokopedia Di Batam. Jurnal Ekuivalensi, 6(1).
Sihombing, N. E., & Gultom, C. O. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Mahasiswi Pengguna Hair Care Makarizo Di Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 39–54. https://doi.org/10.51622/jispol.v2i2.1151
Wijaya, K. A., Dra. Basrah Saidani, M. S., & Ryna Parlyna, M. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pengguna Internet. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 6.
Winata, W., & Evyanto, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Di Kota Batam. Scientia Journal, 3(2), 1–8.