Pengaruh E-Wom, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bukalapak Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i3.9815Kata Kunci:
E-WOM, Kemudahan Penggunaa, Kepercayaan, Keputusan Pembelian.Abstrak
Dalam era digital yang semakin maju, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli produk. Platform e-commerce seperti Bukalapak kini menjadi pilihan utama dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana pengaruh E-WOM, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada Bukalapak di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, yang melibatkan responden pengguna Bukalapak di Kota Batam pada tahun 2024. Karena jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti, sampel diambil menggunakan rumus Jacob Cohen, menghasilkan 204 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, serta uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil uji t, E-WOM terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, kepercayaan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, kemudahan penggunaan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa E-WOM, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.