PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN,PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DIKOTA BATAM

Penulis

  • Jefry Mahasiswa
  • Hikmah Hikmah Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v7i3.9873

Kata Kunci:

Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Risk, Intention to Use Internet Banking

Abstrak

Perkembangan teknologi perbankan digital, terutama internet banking, semakin pesat di era digitalisasi. Namun, adopsi layanan ini masih menghadapi berbagai tantangan, terutama yang berkaitan dengan persepsi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko terhadap minat masyarakat Kota Batam dalam menggunakan layanan internet banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna potensial internet banking di Kota Batam. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan internet banking, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan pemahaman tentang manfaat dan kemudahan penggunaan internet banking dapat mendorong adopsi layanan ini, sementara kekhawatiran terkait risiko perlu diminimalkan oleh pihak perbankan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna

Kata Kunci: Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Minat Mengggunakan Internet Banking

Referensi

Andista, D. R., & Susilawaty, R. (2021, September). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, pp. 1228-1233).

Andrea, H. L. P., Kartonoc, R., & Sundjajad, A. M. (2021). The effect of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk and technology readiness on intention to use e-banking in Jakarta. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(10), 6829-6836.

Andrea, Hani Listiana Pebriyantib, Rano Kartonoc, A. M. S. (2021). The Effect Of Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Risk And Technology Readiness On Intention To Use E-Banking In Jakarta. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(10), 6829–6836. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i10.5550

Ashoer, M., Jebarajakirthy, C., Lim, X. J., Mas' ud, M., & Sahabuddin, Z. A. (2024). Mobile fintech, digital financial inclusion, and gender gap at the bottom of the pyramid: An extension of mobile technology acceptance model. Procedia Computer Science, 234, 1253-1260.

Bajunaied, K., Hussin, N., & Kamarudin, S. (2023). Behavioral intention to adopt FinTech services: An extension of unified theory of acceptance and use of technology. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(1), 100010. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100010

Basalamah, R., Nurdin, N., Haekal, A., Abdul, J., & Noval, N. (2022). Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology ( Fintech ) Gopay. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 57–71.

Diana, I., & Sartika, D. (2024). The Economic Effects Financial Technology (FinTech) Adoption on Small and Medium-Sized Enterprises: Insights from Palembang, Indonesia.Equity:

Hutapea, R. S., & Andista, D. R. (2021). The Effect of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, and Risk on User Interest in Using Financial Technology Peer to Peer Lending. Proceedings of the 2nd International Seminar of Science and Applied Technology (ISSAT 2021), 207(Issat), 619–623. https://doi.org/10.2991/aer.k.211106.096

Nasir, F. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi Ovo Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Investasi, 7(1), 36–43. https://doi.org/10.31943/investasi.v7i1.117

Okky Natalia, & Rini Tesniwati. (2021). The Effect Of Perception Of Trust, Perception Of Ease Of Use, Perception Of Benefits, Perception Of Risk And Perception Of Service Quality On Interest In Using Mobile Banking Bank Independent In Bekasi City. International Journal of Science, Technology & Management, 2(5), 1722– 1730. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i5.344

Pirdayanti, & Wiagustini. (2021). The Influence of Perceived Risk, Perceived of Usefulness, and Perceived Ease of Use on the use of Financial Technology. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 428–436. www.ajhssr.com

"Putro, A. K., & Takahashi, Y. (2024). Entrepreneurs’ creativity, information technology adoption, and continuance intention: Mediation effects of perceived usefulness and ease of use and the moderation effect of entrepreneurial orientation. Heliyon, 10(3), e25479. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e25479"

Rahmah, F. K., Hartiyah, S., & Trihudiyatmanto, M. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko, Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(3), 97-109.

Rismalia, R., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Dana Di Universitas Esa Unggul. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(3), 561-588.

Setiawan, B., Nugraha, D. P., Irawan, A., Nathan, R. J., & Zoltan, Z. (2021). User innovativeness and fintech adoption in indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(3), 188.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan RND. CV Alphabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-02

Terbitan

Bagian

Articles