Analisis Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Dengan Menggunakan Accounting Software Pada PT Bisnis Teknologi Manajemen

  • Argo Putra Prima Universitas Putera Batam
  • Anggia Dasa Putri Universitas Putera Batam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji  penggunaan sistem akuntansi menggunakan  Microsoft Excel  yang diterapkan sebelumnya. Mengetahui keandalan sistem akuntansi yang digunakan sebelumnya. Megetahui  faktor-faktor yang mempengaruhi  kesuksesan  implementasi sistem informasi  akuntansi  berbasis  accounting software ABSS Accounting  pada  PT Bisnis Teknologi Manajemen Serta saat menggunakan Microsoft Excel dapat dirasakan para pengguna sistem ABSS Accounting apa yang menjadi keunggulannya. Mengkaji  penggunaan sistem akuntansi menggunakan  Microsoft Excel  yang diterapkan sebelum implementasi ABSS Accounting. Hasil dari penelitian ini adalah dalam Microsoft Excel tidak memiliki menu khusus  atau fitur yang dapat digunakan dalam penyajian laporan keuangan sehingga banyak proses yang harus dikerjakan secara manual sehingga dapat memiliki kelemahan dibanding dengan menggunakan software akuntansi. Sistem akuntansi yang digunakan saat ini yaitu ABSS Accounting, merupakan sistem akuntansi yang lebih memadai dan dapat diandalkan dari pada Microsoft Excel. ABSS Accounting dapat dikategorikan sistem yang kompleks karena memiliki fitur-fitur dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Yang membuat implementasi sistem informasi akuntansi berbasis ABSS Accounting dapat bemanfaat bagi PT Bisnis Teknologi Manajemen karena memiliki fitur-fitur yang lengkap yang dapat memudahkan  user serta dapat digunakan selamanya tanpa harus ada biaya tambahan untuk meng- update.


 

Published
2020-09-29
How to Cite
PRIMA, Argo Putra; PUTRI, Anggia Dasa. Analisis Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Dengan Menggunakan Accounting Software Pada PT Bisnis Teknologi Manajemen. Computer Based Information System Journal, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 68-75, sep. 2020. ISSN 2621-5292. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/2408>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/cbis.v8i2.2408.