ANALISA STABILITAS MES SERVER UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PRODUKSI

  • Zulkarnain Bin Muhammad Makpul Universitas Internasional Batam

Abstract

Proses produksi merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam bisnis manufaktur. Ketersedian teknologi informasi menjadi penting untuk mendukung proses produksi. Ada beberapa proses yang dilakukan perusahaan, mulai dari kegiatan perencanaan produksi, menyiapkan sumber daya, menjalankan proses produksi, pengetesan hasil produksi sampai kepada pengiriman hasil produksi tersebut. Dengan melakukan penelitian ini diharapkan perusahaan mengetahui stabilitas dari MES Server.


Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan melakukan penelitian secara langsung terhadap stabilitas dari MES Server yang digunakan untuk mendukung kegiatan produksi. Ada beberapa MES server yang dijalankan saat ini. Data diambil dari log yang tersedia pada aplikasi yang berfungsi untuk memonitor stabilitas MES server. Penulis akan melakukan pengolahan data yang tersedia untuk mengetahui stabiliitas dari MES server.


Dengan mengetahui tingkat kestabilan dari MES server, akan memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk menentukan langkah selanjutnya. Apakah diperlukan perbaikan dari MES server yang berjalan atau melanjutkan aktifitas perawatan server yang dilakukan saat ini untuk mempertahankan stabilitas server tersebut.

Published
2021-03-24
How to Cite
MAKPUL, Zulkarnain Bin Muhammad. ANALISA STABILITAS MES SERVER UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PRODUKSI. Computer Based Information System Journal, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 37-41, mar. 2021. ISSN 2621-5292. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/3640>. Date accessed: 24 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/cbis.v9i1.3640.
Section
Articles