PENGARUH PEMANFAATAN MOBILE-MARKETING SMARTHONE BLACKBERRY DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PELANGGAN DI KOTA BATAM

  • Narti Eka Putria

Abstract

Mobile marketing secara luas dapat didefinisikan sebagai “penggunaan media seluler sebagai alat komunikasi pemasaran” atau “distribusi dari setiap jenis pesan promosi atau iklan kepada pelanggan melalui jaringan nirkabel”. Smartphone BlackBerry adalah merupakan ponsel pintar dengan beberapa keunggulan fitur. Namun BlackBerry tetaplah barang elektronik yang memiliki resiko kerusakan dan gangguan seperti halnya ponsel-ponsel/handphone lainnya. Komunikasi interpersonal merupakan alat penghubung dalam menyampaikan atau memberikan informasi kepada orang lain. Tanpa adanya komunikasi, semua aktifitas yang dilakukan tidak akan berjalan efektif. Peranan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan Kepercayaan pelanggan, karena tingkat kepercayaan merupakan pendorong atau penggerak dari dalam diri seseorang untuk memenuhi kebutuhannya serta mencapai tujuan tertentu dan dapat bekerja lebih baik. Kepercayaan adalah kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana seseorang tersebut telah memiliki keyakinan. Kepercayaan merupakan kondisi mental yang di dasarkan oleh situasi seseorang dan konteks sosialnya. Namun kendala dalam kepercayaan seorang pelanggan adalah kurangnya pertukaran interpersonal dan sifat satu kali transaksi bisnis yang khas di internet membuat kepercayaan konsumen menjadi unik, karena kepercayaan berhubungan dengan orang lain dan dipelihara melalui suatu interaksi.

Published
2015-03-06
How to Cite
PUTRIA, Narti Eka. PENGARUH PEMANFAATAN MOBILE-MARKETING SMARTHONE BLACKBERRY DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PELANGGAN DI KOTA BATAM. Computer Based Information System Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2015. ISSN 2621-5292. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/385>. Date accessed: 28 sep. 2020.
Section
Articles