ANALISIS DENGAN METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN DECISSION TREE UNTUK PREDIKSI PENENTUAN RESIKO KREDIT PADA BANK BUKOPIN BATAM

  • Intan Utna Sari

Abstract

Bank Bukopin Batam merupakan salah satu Bank yang menghimpun dana dan penyalur dana. Ada beberapa fasilitas  dalam penyaluran dana ke nasabah yang di miliki Bank Bukopin. Salah satunya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), selama ini pihak Bank memberikan KPR ke nasabah masih menggunakan prediksi resiko secara manual dalam memberikan kredit kepada nasabah yang banyak menyita waktu dan tenaga apalagi pada saat laporan nasabah dianalisa lebih lanjut oleh pihak Bank. Salah satu teknik yang dapat membantu pihak Bank dalam memprediksi Penentuan resiko kredit adalah teknik Decision Tree yang merupakan bagian dari teknik Data Mining untuk mengambil suatu keputusan dalam bentuk pohon. Dengan teknik Decision Tree diharapkan dapat membantu pihak bank agar lebih cepat dan mudah dalam memprediksi data dan menarik suatu kesimpulan dari data yang ada. Salah satu cara memprediksi data tersebut dengan menggunakan software Dtreg. Pada software  ini data yang digunakan hanya bisa dalam bentuk format “csv (comma delimited), jika tidak menggunakan format “csv (comma delimited)“ maka data tersebut tidak bisa diproses oleh software Dtreg dan selanjutnya jika format excel yang telah dirubah ke format “csv (comma delimited)”, maka akan dapat dilakukan proses analisa. Dtreg dapat menghasilkan pohon keputusan, salah satu nya yaitu hasil keputusan resiko dari jumlah kredit pemilikan rumah berdasarkan jumlah nasabah.

Published
2015-03-06
How to Cite
SARI, Intan Utna. ANALISIS DENGAN METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN DECISSION TREE UNTUK PREDIKSI PENENTUAN RESIKO KREDIT PADA BANK BUKOPIN BATAM. Computer Based Information System Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2015. ISSN 2621-5292. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/387>. Date accessed: 28 sep. 2020.
Section
Articles