KASUS BIMBINGAN, DUKUNGAN DAN KONSELING

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Bermasalah di Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia)

Authors

  • Ivonne Ruth Situmeang Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33884/commed.v4i1.1299

Keywords:

Bimbingan, Dukungan, Konseling

Abstract

Setiap mahasiswa mempunyai latar belakang yang berbeda-beda diantaranya latar belakang sosial, ekonomi dan keluarga. Pada mahasiswa kedokteran selama mengikuti proses pembelajaran juga akan menemui banyak masalah dan tekanan. Masalah dan tekanan tersebut akan menyebabkan stres dan akan mengganggu prestasi akademiknya. Maka dari itu mahasiswa membutuhkan bimbingan, dukungan dan konseling untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Bimbingan, dukungan dan konseling merupakan salah satu komponen dari pendidikan dengan memberikan bantuan dan tuntunan kepada mahasiswa yang bermasalah tersebut. Adapun fungsi dai bimbingan, dukungan dan konseling yaitu untuk mencegah mahasiswa menjadi stres dan dapat menyelesaikan program pendidikan tepat waktu. Permasalahan yang dihadapi biasanya masalah akademik, masalh pribadi dan masalah administratif. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus mengambil kasus tentang mahasiswa bermasalah. Mahasiswa angkatan 2011 belum menyelesaikan perkuliahan dikarenakan ada masalah keluarga diawali dengan ayah mahasiswa tersebut meninggal sehingga perekonomian keluarga terganggu, setahun kemudian ibunya meninggal. Mahasiswa tersebut jadi tidak pernah datang untuk kuliah dalam waktu 2 tahun. Pentingnya pelayanan bimbingan, dukungan dan konseling dalam satu institusi dengan membentuk student support dalam mengatasi masalah dan tekanan yang di hadapi mahasiswa

References

1. Dent JA, Harden RM. A Practical guide for Medical teacher. Churchill Livingstone, London 2009.
2. Kartadinata. Teori bimbingan dan konseling: seri landasan dan teori bimbingan dan konseling. Bandung: UPI; 2007
3. Mapiare A. Pengantar bimbingan dan konseling disekolah. Surabaya: Usaha nasional. 2010
4. Sukardi DK. Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Ed II. Jakarta 2002
5. Wibowo BST. Pengantar konseling: teori dan studi kasus. Ed ke 3. Jakarta: Open University Press Fajar Interpratama Offset; 2008.
6. Andy Wahyu Irawan, Andi Mappiare-AT, danMuslihati Muslihati. Identitas Sosial Remaja Suku Mandar dalam Pappasang: Implikasi Bagi Penyusunan Bahan Bimbingan. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 2018. Volume 3 N0 4 hal 171-181.

Downloads

Published

2019-10-08