EFEKTIVITAS IKLAN BALIHO GRACE NATALIE DALAM MENINGKATKAN CITRA DIRI SEBAGAI KETUA UMUM PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA TAHUN 2019

  • Ayu Priana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRCT


Billboards are one of the media for advertising political campaigns. This study aims to determine the effectiveness of Grace Natalie's billboard advertisement in enhancing her self-image as Chairperson of the Indonesian Solidarity Party (PSI). This type of research is a descriptive study through a quantitative approach. The population of this study is students of the Communication Studies program at the 2018 Jakarta State University with 38 people with 35 respondents. Data collection techniques in this study were carried out by distributing questionnaires to 35 respondents. This study has one research variable, namely advertising effectiveness. The results of this study stated that the submission of Grace Natalie's advertisements using billboards advertising media in order to improve self-image as Chair of the Indonesian Solidarity Party (PSI) was effective.


Keywords: effectiveness of advertisements, political campaign advertisements, self-image


Abstrak


Baliho merupakan salah satu media untuk pemasangan iklan kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari iklan baliho Grace Natalie dalam meningkatkan citra diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018 dengan jumlah 38 orang dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 35 responden. Penelitian ini memiliki satu variabel penelitian, yaitu efektivitas iklan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penyampaian iklan Grace Natalie menggunakan media iklan baliho dalam tujuan untuk meningkatkan citra diri sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah efektif.


Kata kunci: efektivitas iklan, iklan kampanye politik, citra diri

Published
2020-02-23
How to Cite
PRIANA, Ayu. EFEKTIVITAS IKLAN BALIHO GRACE NATALIE DALAM MENINGKATKAN CITRA DIRI SEBAGAI KETUA UMUM PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA TAHUN 2019. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 108-122, feb. 2020. ISSN 2615-6725. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/view/1652>. Date accessed: 30 mar. 2020. doi: https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1652.