PERAN DAN MANFAAT KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PADA APLIKASI PELACAK COVID-19 SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KESEHATAN

Kajian Media Komunikasi Dalam Perspektif Sosial

  • WORO HARKANDI KENCANA UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI

Abstract

Covid-19 telah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi. Penyebaran virus yang sangat cepat di hampir semua negara dunia memberikan perubahan besar pada kehidupan masyarakat. Pemerintah negara khususnya Indonesia membuat berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran virus yang begitu masif ini. Komunikasi kesehatan dilakukan oleh pemerintah melalui berbagi media dalam menyampaikan pesan terkait Covid-19 kepada masyarakat. Salah satu media yang digunakan adalah aplikasi pelacak Covid-19 yang bernama PeduliLindungi.penelitian ini ingin mengetahui bagaimana aplikasi PeduliLindungi ini dalam era digital menjadi media komunikasi kesehatan antara pemerintah dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi kesehatan dan teori second media age. Metodologi yang digunakan adalah kualitatti deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada pengguna aplikasi dan observasi terhadap aplikasi PeduliLindungi. Hasil penelitian ini aplikasi PeduliLindungi, merupakan media komunikasi kesehatan mengenai Covid 19 dimana Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.aplikasi ini memberikan informasi kesehatan dan protokoler menghadapi pandemi Covid-19. Dengan mengaktifkan aplikasi merupakan gerakan sosial dalam  membangun kesadaran dan advokasi penggunaan Internet sebagai sumber berita sebagai kontrol informasi.

References

Dea, F., & Pinasti, A. (2020). Wellness And Healthy Magazine Analisis Dampak Pandemi Corona Virus Terhadap Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Wellness And Healthy Magazine, 2(2), 237. https://wellness.journalpress.id/wellness

Harahap, R. A., & Putra, F. E. (2019). Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. In Prenadamedia Group (1st ed.). Prenadamedia Group. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hasyim, H., Rizki Pratama Suroso, R., & Profesional Makassar, S. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dalam Upaya Pencegahan Virus COVID-19 di Lingkungan Universitas. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 124–129. https://doi.org/10.22373/crc.v4i2.6496

Junep, A. R. (2016). Media Baru Dan Komunikasi Organisasi ( Studi Kasus Pemanfaatan Email , Yahoo ! Messenger , Lync , Dan Portal Internal Dalam Komunikasi Internal Pt . Datacomm Diangraha ). Jurnal Commed, 1(1), 13–29.

Junaedi, Fajar & Sukmono, Filosa Gita. (2018). Komunikasi Kesehatan : Sebuah. Pengantar Komprehensif. Jakarta, Prenadamedia Group.

Rahmadiana, M. (2012). Komunikasi Kesehatan : Sebuah Tinjauan. In Jurnal Psikogenesis (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.24854/JPS.V1I1.38

Rorong, M. J. (2019). Penempatan Teori Dalam Ilmu Komunikasi. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 90. https://doi.org/10.33884/commed.v4i1.1417

Sih, O. :, & Sukmi, N. (2015). Rethinking Teori Komunikasi Dalam Konteks Media Baru (Telaah Pemikiran Holmes tentang Komunikasi, Teknologi dan Masyarakat). In Cakrawala (Vol. 4, Issue 1).
https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/52

Urip, M. (2015). Gerakan Sosial di Media Sosial (Analisis Wacana Kritis Gerakan Sosial Melalui Hashtag “ShameOnYouSBY” di Twitter).

Yuliani, F., Adriadi, R., & Safitra, L. (2020). Media Baru Dalam Pelayanan Publik. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(2), 149. https://doi.org/10.33884/commed.v4i2.1467

www.worldometers.info/coronavirus/ diakses pada tanggal 3 September 2020
Published
2020-12-17
How to Cite
KENCANA, WORO HARKANDI. PERAN DAN MANFAAT KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PADA APLIKASI PELACAK COVID-19 SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KESEHATAN. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 83-95, dec. 2020. ISSN 2615-6725. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/view/2495>. Date accessed: 02 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.33884/commed.v5i1.2495.