ANALISIS KECEPATAN AKSES DATA PADA PT USDA SEROJA BATAM

  • Pastima Simanjuntak Universitas Putera Batam

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dibidang teknologi begitu pesat terutama pada dunia teknik informatika, tidak dapat dipungkiri lagi saat ini manusia sangat bergantung pada komputer yang memudahkan dalam berbagai pekerjaan. Tujuan utama dari jaringan komputer adalah sharing resource dimana komputer saling memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang sama. Hampir disetiap perusahaan menggunakan jaringan komputer untuk memperlancar aliran informasi, mulai dari jaringan kabel maupun nirkabel atau yang disebut juga dengan wifi. PT Usda Seroja Batam adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan yang menggunakan fasilitas jaringan komputer. PT Usda Seroja Batam sangat membutuhkan fasilitas jaringan yang memadai untuk mendukung komunikasi dua arah, yaitu karyawan dengan karyawan dan karyawan dengan perusahaan sehingga tercipta lingkungan kerja yang baik untuk mendukung semua aktifitas perusahaan. Dengan tersedianya jaringan komputer yang baik, keamanan data sangat diperlukan. Data di dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga data sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Dalam mengakses suatu data user atau pengguna menginginkan akses yang cepat, tetapi keamanan data sering terkendala oleh sibuknya jaringan komputer yang digunakan oleh semua user atau pengguna di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan persepsi bagaimana kecepatan akses data pada PT Usda Seroja Batam. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif yang akan memperoleh hasil dari kuisioner yang akan dibagikan kepada karyawan atau pengguna jaringan diperusahaan. Dari hasil analisis deskriptif tersebut, maka akan memberikan informasi yang berharga tentang kondisi kecepatan akses data pada PT Usda Seroja Batam.

References

[1] Ariyus, D. dan A. K. R. R. (2008). Komunikasi Data (Edisi Satu). Yogyakarta: Andi.
[2] Harjono, S. R. (2013). Analisi Kecepatan Download pada GSM, Vol 2.
[3] Lai, Y., & Chiang, W. (2014). Characteristics of System in a Package of Synchronous Dynamic Random Access Memory for High-Speed, 50 (7).
[4] Li, R., Feng, W., Wu, H., & Huang, Q. (2014). A replication strategy for a distributed high-speed caching system based on spatiotemporal access patterns of geospatial data. Computers, Environment And Urban Systems. https://doi.org/10.1016/j.compenvurbsys.2014.02.009
[5] Maslan, A. (2012). Belajar Cepat Teori, Praktek dan Simulasi Jaringan Komputer & Internet. (T. Wangdra, Ed.) (Edisi Satu). Jakarta: Baduose Media.
[6] Rianse, U. & A. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi (Edisi Satu). Bandung: Alfabeta.
[7] Sinaga, S. B. (2012). Analisa Perbandingan Kecepatan Transfer Data Menggunakan Kabel UTP dan Wifi Dengan Metode Stop & Wait Automatic Repeat Request. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Vol 2, 45–50.
[8] Sofana, I. (2008). Membangun Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.
[9] Sofana, I. (2011). Teori dan Modul Praktikum Jaringan Komputer. Bandung: Modula.Kumar Soumen Pati and Asit Kumar Das. 2013. Constructing minimal spanning tree based on rough set theory for gene selection. Department of Computer Science/Information Technology.
[10] Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
[11] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen (Edisi Satu). Bandung: Alfabeta.
[12] Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta, Bumi Aksar.
[13] Widijanuarto, A. S. (2014). Jurus Kilat Membuat Jaringan Komputer, Jakarta Ti(Edisi satu, Dunia Komputer).
Published
2018-09-28
How to Cite
SIMANJUNTAK, Pastima. ANALISIS KECEPATAN AKSES DATA PADA PT USDA SEROJA BATAM. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 49-53, sep. 2018. ISSN 2615-1049. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jif/article/view/618>. Date accessed: 22 oct. 2018.