THE EFFECT OF USING ROLE PLAYING STATEGY ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN SPEAKING ENGLISH AT SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Penulis

  • Rahmawati Wati Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v6i1.1046

Kata Kunci:

Keterampilan, Berbahasa Inggris, Strategi Bermain Peran

Abstrak

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Penggunaan Role Playing strategi  pada kemampuan Berbicara bahasa inggris di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini ditunjuk untuk meningkatkan keberanian siswa untuk berbicara bahasa Inggris menggunakan strategi “Role Playing”. Kemudian cari upaya kepercayaan diri bagi siswa yang berbicara bahasa Inggris melalui strategi "Bermain Peran". Terakhir untuk menciptakan manfaat “Role Playing”dalam mendukung pembelajaran bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif untuk menghitung nilai rata-rata hasil tes siswa, sedangkan kualitatif digunakan untuk menghitung hasil observasi kegiatan belajar siswa pada setiap siklusnya. Semuanya dijelaskan sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan selama penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode eksperimen. Metode eksperimental adalah metode pengujian langsung pengaruh variabel terhadap variabel lain dan menguji hipotesis hubungan kausal. Teknik yang digunakan dalam metode ini, yaitu dengan membandingkan kelas yang mendapat perlakuan khusus dan kelas yang tidak mendapatkan perawatan.

Referensi

Alkin, M.C. & Christie, C.A. (2002). The use of role-play in teaching evaluation. American Journal of Evaluation, 23. (2), 209–218.
Dananjaya, Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendikia.
Diyah, Ayu. (2007). Using Role Play in Teaching Speaking. UIN.
Hughes, Arthur, 1985. Testing for Language Teacher. Jakarta: Camridge University Press
Rao, D. & Stupans, I. (2012). Exploring the potential of role-play in higher education: Development of a typology and teacher guidelines. Innovations in Education and Teaching International, 49. (4), 427–436.
Ruhanen, L. (2005). Bridging the divide between theory and practice: Experential learning approaches for tourism and hospitality management education. Journal of Teaching in Travel and Tourism, 5. (4), 33–51.
Sogunro, O.A. (2004). Efficacy of role-playing pedagogy in training leaders: Some reflections. Journal of Management Development, 23. (4), 355–371.
Tarigan, Henry Guntur, Berbicara. Bandung: Angkasa, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-04-18

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 6 NO 1 APRIL 2019