THE EFFECTIVENESS OF MAKING VIDEO BLOG (VLOG) TO MINIMIZE STUDENTS’ ANXIETY IN PUBLIC SPEAKING ON DESCRIPTIVE TEXT MATERIAL

Penulis

  • Dani Fitria Brilianti Politeknik Harapan Bersama
  • Arief Zul Fauzi Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.33884/basisupb.v7i2.2424

Kata Kunci:

Video Blog (VLOG), anxiety, public speaking, descriptive text

Abstrak

Kemampuan berbicara dalam bahasa inggris di depan publik dapat menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa dikarenakan kecemasan yang berlebihan akibat kurangnya simulasi latihan berbicara dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diperlukan adanya media yang efektif untuk menekan kecemasan saat berbica berupa pembuatan video blog (VLOG). Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasi kecemasan dalam berbicara di depan publik pada materi ajar descriptive text bagi mahasiswa, serta meningkatkan kemampuan berbicara dalam konteks deskripsi melalui media VLOG. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa DIII Teknik Komputer di lingkungan Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode Classroom Action Research (CAR) sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner, wawancara, observasi, dan refleksi sesuai dengan panduan Action Research. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa video blog efektif untuk meminimalisir kecemasan dalam berbicara di depan publik pada materi deskriptif teks dan terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Selain itu, mahasiswa juga termotivasi untuk berbicara dengan sangat nyaman di depan publik. Aspek bahasa yang meningkat diantaranya adalah fluency, pronunciation, vocabulary items and content. Hadi hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembuatan video blog secara efektif dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan publik dan dapat meningkatkan kemampuan berbicara.

Referensi

Anderson, Mark and Anderson, Kathy. 1997. Test Type in English 2. South Yarra: Maccmillan Australia Pty Ltd.
Balley, Katheen M. 2005. Practical English Language Teaching: Speaking. Singapore: McGraw_Hill ELT.
Brilianti, DF.,. 2017. The Effectiveness of Using Flash Animation as an Alternative Media in Teaching Spoken Report of Computer Engineering Students at Polytechnic Harapan Bersama Tegal. Concept. Volume 10 (1). Cirebon: UMC Press.
Brown, HD. 1993. Understanding Research in Second Language Learning: A Teacher’s Guide to Static and Research Design. Cambridge University Press.
Evyanto, Winda. 2018. Efektifitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Basis Journal. Volume 4 (1). Batam: UPB Press.
Gerlach, Vernon S. 1971. Teaching and Media. New Jersey: Hall Inc..
Horwitz, E. K., et.al. 1986. Foreign Language Classroom Anxiety. The Modern Language Journal. 70(2). 125-132.
Kirschner, C. (2012). What on earth is vlogging?. MNN HOLDINGS, LLC, 8, 12.
Liu, Yu-Ling. 2014. The Integration of Technology and Aesthetics when Student Teachers Undertake Blended Learning in Adolescent Psychology: An Interdisciplinary Approach. Academic Journal. Vol 9 (20). Pp. 1002-1012.
Indrianty, Septy. 2016. Students’ Axienty in Speaking English. ELTIN Journal. Volume IV(I).
Mark, A. and Kathy Anderson. Text Types in English 1. MacMillan.
Maulidah, I. .2017. Vlog: the Mean to Improve Students' Speaking Ability. In International Conference on English Language Teaching (ICONELT 2017). Atlantis Press.
Mogallapu, Anusha. 2011. Social Network Analysis of the Video Bloggers’ Community in Youtube. Dissertation. Missoury University.
Nunan. D. 2000. Language Teaching Methodology. Pearson Edu. Limited.
Safitri, N. S. A., & Khoiriyah, I. (2017, July). Students’ Perceptions on the Use of English Vlog (Video Blog) to Enhance Speaking Skill. In ASEAN/Asian Academic Society International Conference Proceeding Series.
Sari, P. (2017). Using Vlog in the Youtube Channel as a Means To Improve Students’ Motivation And Confidence to Speak English in Intermediate 1 Level of LB-LIA Jambi. International Journal of Language Teaching and Education, 1(1), 38-44.
T. Danova, "Business Insider," Tech Insider, 5 January 2004. [Online]. Available: http://www.businessinsider.com/mobile-videostatistics-and-growth201312?IR=T&r=US&IR=T. [Accessed 14 May 2020].
Thornbury, Scott. 2005. How to Teach Speaking. Longman.
Wulandari, M. (2019). Improving Efl Learners’speaking Proficiency Through Instagram Vlog. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 22(1), 111-125.
Zhiping, Dhiao., et. Al. 2013. Axienty of Speaking English in Class Among International Students in Malaysian University. Vol 1(11).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-23

Terbitan

Bagian

BASIS VOLUME 7 NO 2 OKTOBER 2020