Tantangan dan Strategi Guru dalam Proses Belajar Mengajar selama Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33884/basisupb.v9i2.5600Kata Kunci:
challenges, online learning process, online teaching, strategiesAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebaran covid-19 yang telah berlangsung hampir 2 tahun dan berdampak pada proses belajar mengajar di SMA Negeri 1 Siborongborong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan strategi yang dihadapi guru dalam pembelajaran online selama pandemik. Penelitian ini menggunakan penelitian qualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui quesioner. Sumber data berasal dari guru bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Siborongborong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami tantangan di SMA Negeri 1 Siborongborong, yakni (1) Jaringan, (2) fasilitas yang terbatas, (3) hilangnya pembelajaran siswa, (4) Siswa tidak serius dalam pembelajaran dan (5) menjelaskan dua atau tiga kali. Sementara strategi yang digunakan dalam pembelajaran online di SMA Negeri 1 Siborongborong meliputi (1) Guru tidak terlalu memaksakan siswa, (2) membatasi materi dan tugas, (3) memotivasi dan mendukung siswa (4) mengajak siswa untuk membuat lelucon agar tidak membosankan, (5) mencoba menghadirkan pembelajaran yang menarik untuk siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jaringan berdampak kepada kemampuan siswa dalam memahami materi di ruangan.
Referensi
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan,2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Azkiya, H., & Sari, S. G. (2017). Problems Faced by the Teacher in Maximizing the Use of Learning Media in Padang. 24(1), 60–66.
Bhuana, G. P., & Apriliyanti, D. L. (2021). Teachers’ encounter of online learning: Challenges and support system. Journal of English Education and Teaching, 5(1), 110–122.
Dadang. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid- 19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 6(1), 15–24.
Gurung, S. (2021). Challenges Faced by Teachers in Online Teaching during the Pandemic. Journal of Education and Practice, 9(1), 8–18. https://doi.org/10.7176/jep/12-2-06
Hairunisa, N., & Amalia, H. (2020). Review: penyakit virus corona baru 2019 (COVID- 19). Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 90–100. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.90-100
Imansari, N., Asrawaty, A., & Mas’ud, B. (2022). the Interplay of Personality Factors and Language Learning Strategies in Developing Speaking Skill. Jurnal Basis, 9(1), 171–184. https://doi.org/10.33884/basisupb.v9i1.5474
Jacobs, P. (2013). The Challenges of Online Courses for the Instructor Part of the Curriculum and Instruction Commons, Educational Methods Commons, Higher Education and Teaching Commons, and the Social and Philosophical Foundations of Education Commons. Research In Higher Education Journal, 21, 1–18. http://digitalcommons.sacredheart.edu/cj_fac
Miles, M. B., Huberman, M. a, & Saldana, J. (2014). Drawing and Verying Conclusions. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Nuraini, N. L. S., Qihua, S., Venatius, A. S., Slamet, T. I., & Cholifah, P. S. (2020). Distance Learning Strategy in COVID-19. Proceeding International Webinar Series– Educational Revolution in Post Covid Era, 2020 (April 2020), 107–116.
Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 54–60. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Rosalina, E., & Elyani, E. P. (2020). LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal Teacher’s Challenges Towards Online Learning In Pandemic Era. Elsa Rosalina LET: Linguistics, Literature and Language Teaching Journal, 10(2), 71–88. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.
Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i1.34
Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38
Sunarti, S. (2020). Kata kunci: pembelajaran, masa pandemi covid-19, media pembelajaran online, media pembelajaran offline.
Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 129. https://doi.org/10.29210/147800
Tukan, F. M. E. (2020). Challenges and Strategies Using Application in Teaching Online Classroom During Pandemic Covid-19. Journal of English Linguistics, Literature, and Education, 2(2), 155–172.
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
Yandi, A. (2021). Teachers’ Strategies In Increasing Students’ Motivation In On-Line English Learning At Mtsn 6 Tanah Datar.
https://emea.mitsubishielectric.com/ar/productssolutions/factory- automation/index.html
Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1), 48–56. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068
Yusuf Siregar, M., & Amiril Akbar, S. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19. At- Tarbawi, 12(2), 180–188. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v12i2.1832
Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19: Immediate Responses and Long-Term Visions. Postdigital Science and Education, 2(3), 695–699. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00126-3