FUNGSI MEDIA SOSIAL GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI GURU SEKOLAH ALAM KOMUNITAS FITRAH LEBAH
DOI:
https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.1207Keywords:
Karakteristik, Pemanfaatan, grup WhatsappAbstract
Penelitian ini memfokuskan pada fungsi media sosial grup whatsapp sebagai media komunikasi guru yang terdiri dari karakteristik, pemanfaatan, efektifitas pada guru sekolah alam komunitas fitrah lebah. Penelitian ini dilakukan di sekolah alam komunitas fitrah lebah pada anggota grup whatsapp guru. Tujuan dari penelitian adalah (1) Mengetahui karakteristik guru sebagai anggota grup whatsapp Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. (2) Mengetahui bagaimana pemanfaatan grup whatsapp sebagai media komunikasi guru di Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. (3) Mengetahui efektivitas grup whatsapp sebagai media komunikasi guru di Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah. Analisa dalam penelitian ini menggunakan analisa deskripsif kualitatif, Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan menganalisis pengalaman yang dilakukan secara sadar oleh informan. Data dikumpulkan dengan observasi langsung, Depth interview serta dokumen yang dibutuhkan. Analisis data deskriptif kualitatif untuk menguji fungsi media sosial grup whatsapp sebagai media komunikasi. Adapun hasil penelitian menunjukan pada karakteristik guru sebagai anggota grup, pemanfaatan grup dan efektifitas grup whatsapp sebagai media komunikasi guru Sekolah Alam Komunitas Fitrah Lebah.
Kata Kunci : Karakteristik, Pemanfaatan, grup Whatsapp
References
Suprayogo I, Tobroni. 2001. Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya
Kotler P, Armstrong G. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi kesembilan, 1st, dialih bahasakan oleh Sindoro A. Jakarta (ID): Indeks
Mulyana D. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.
Mobray K. 2009. The 10Ks of Personal Branding: Create a Better You (paperback). New York (US): Universe.
Montoya P, Vandehey. 2008. The Brand Called You: Make Your Business Stand Out in a Crowded marketplace (paperback). New York (US): McGraw-Hill.
Schrum. 2004. The Psychology of entertainment: concepts & application. London (UK): LEA Publisher.
Sukrillah A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio. 3(2): 95-104.
Suyanto, Hisyam D. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta (ID): Adicita.