EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMBELAJARAN PROGRAM KAMPUS MERDEKA

(Studi Kasus Kampus Mengajar Di SDN 1 Ragawacana Kuningan)

Authors

  • Muhamad Hilman Firmansyah Universitas Garut
  • Chotijah Fanaqi Universitas Garut
  • Sabiila Asti Sukmana Universitas Garut

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada hakikatnya merupakan aktivitas komunikasi yang terjalin antara pendidik dan peserta didik dalam suatu lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pelaksanaan Kampus Merdeka yang diemban oleh para mahasiswa yang berperan sebagai pendamping belajar. Dalam hal ini  analisis dititikberatkan pada komunikasi interpersonal  para mahasiswa pendamping ketika berada di dalam kelas.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan case study research (studi kasus). Dalam penelitian ini, studi kasus dianggap tepat karena sesuai dengan tujuan penelitian ini, yaitu ingin mengungkap efektivitas komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh para mahasiswa kampus mengajar dalam mengadakan pendampingan belajar.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kampus mengajar efektif berdasarkan teori komunikasi interpersonal dari Devito (1997), di mana siswa wilayah sasaran program, yakni kelas 5 SDN 1 Ragawacana Kabupaten Kuningan Jawa Barat.merasakan kualitas umum komunikasi interpersonal yang dibutuhkan dalam pembelajaran, yakni terbuka, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan merasa setara. Hal tersebut juga dirasakan oleh pihak sekolah, yakni wali kelas 5 dan guru pendamping/pamong, serta dibenarkan oleh para mahasiswa yang menjadi pendamping belajar dalam mengikuti program kampus mengajar.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, Agus Tri. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Djamarah, B. S. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ferry Afriyadi. (2015). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Atasan dan Bawahan Karyawan PT. Bornoe Enterprisindo Samarinda. Ejournal Ilkom Fisip Unmul.

Holy Sumarina. (2013). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid (Studi Kasus Pada TK Al-Qur'an Al-Ittihad Samarinda). Ejournal Ilkom FIsip Unmul.

Rogers, Everett M and Lawrence D. Kincaid, 1981. Communication Network

Surya, Muhammad (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Stake, Robert E. 2005. Case Study Methods in Educational Research: Seeking Sweet Water. In R. M. Jaeger (Ed.) Complementary methods for research in education, 2nd Edition (pp, 401-414). American Educational Research Association: Washington, DC.

Sumarto, Hadi Rumsari. (2016). Komunikasi Dalam Kegiatan Public Relations. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi Vol 46 No. 1 Juni 2016.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4th ed. Vo). Sage Publication.

Yosua Ronaldo Marentek, Mariam Sondak, Debby D.V. Kawengian. (2018). Pola Komunikasi Interpersonal Dosen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014. Ejournal Unsrat.

Published

2022-11-16