Penerapan Forward chaining Dalam Menentukan Cacat Rotan Asalan

Authors

  • Arif Rahman Hakim Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/jif.v6i01.372

Abstract

Rotan merupakan hasil hutan yang ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rotan. sehingga menjadi sumber pendapatan atau penghasilan bagi masyarakat di Indonesia, baik dalam meningkatkan perekonomian bagi rakyat maupun mendatangkan devisa bagi negara Indonesia, produksi rotan dunia 85% berasal dari Indonesia. rotan asalan adalah rotan yang mengalami proses pengorengan, penjemuran dan pengeringan, dimana permukaan kulit berwarna coklat kekuning-kuningan masih kotor dan belum di cuci, bergetah kering, permukaan kulit berlapisan silikat Dengan pemahaman pengenalan cacat. Tujuan dari Pengenalan cacat rotan diharapkan mampu menjelaskan cacat rotan. maka dari itu berbekal dari pengetahuan dari ahli/pakar rotan ini sendiri diharapkan dapat memaksimalkan hasil pengetahuan untuk macam-macam cacat dari rotan asalan. Forward Chaining salah satu metode yang digunakan dalam aturan inferensi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Metode Forward Chaining adalah metode pencarian ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dengan penggabungan rule untuk mendapatkan suatu kesimpulan atau tujuan, forward chaining pendekatan heuristik Diadopsi yang diusulkan ke dalam system.

References

[1] A. A. Kunut, A. Sudhartono, and B. Toknok, “KEANEKARAGAMAN JENIS ROTAN ( Calamus Spp . ) DI KAWASAN HUTAN LINDUNG WILAYAH KECAMATAN DAMPELAS SOJOL KABUPATEN DONGGALA,” War. Rimba, vol. 2, no. 2, pp. 102–108, 2014.
[2] C. Fiarni, A. S. Gunawan, Ricky, H. Maharani, and H. Kurniawan, “Automated Scheduling System for Thesis and Project Presentation Using Forward Chaining Method with Dynamic Allocation Resources,” Procedia Comput. Sci., vol. 72, pp. 209–216, 2015.
[3] E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Balita,” J. Time, vol. II, no. 1, pp. 1–5, 2014.
[4] N. J. Eki Saputra, “Sistem Pakar Dalam Bidang Farmakolgi dan Terapi Menggunakan Metode Pelacakan Forward Chaining,” Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 106–114, 2012.

Downloads

Published

2018-03-18

How to Cite

Hakim, A. R. (2018). Penerapan Forward chaining Dalam Menentukan Cacat Rotan Asalan. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, 6(01), 23–26. https://doi.org/10.33884/jif.v6i01.372