Pengembangan Media Edukasi Wisata Lebah Kampoeng Madu Kediri Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Muhammad Ariel Naafi' Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur
  • Faisal Reza Pradhana Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur
  • Triana Harmini Universitas Darussalam Gontor, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33884/psnistek.v7i1.10748

Keywords:

augmented reality, edukasi wisata, lebah, madu

Abstract

This study aims to develop a bee tourism educational media using Augmented Reality at KampungMadu Kediri to deliver information interactively and comprehensibly. The development method employed the System Development Life Cycle with the Waterfall model through stages of analysis, design, implementation, and testing. The Android-based application displays 3D objects, text, and educational audio by scanning visual markers. Blackbox Testing results showed that all features functioned as expected. The educational material evaluation recorded an average score of 4.2 (close to “Strongly Agree”) or 84%, categorized as “Very Good,” indicating relevant, accurate, and engaging content. These findings demonstrate that the application is effective in improving visitor literacy, enhancing the tourism experience, and functioning without the need for a direct guide.

References

Alamsyah, Nur, Rio Andriyat Krisdiawan, Fakultas Ilmu, Komputer Universitas, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat,

Marker Augmented Reality, dan Media Pembelajaran. 2021. “Pembangunan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Tingkat Sd / Smp Dengan Menggunakan.” NUANSA INFORMATIKA 15:23–31

Ardianto, Okta Putra Setio, Siska Arifiani, Thomas Ari Kristianto, dan Caesario Ari Budianto. 2023. “Pengembangan Media Wisata Edukasi Interaktif Berkonten Lokal dengan Teknologi GPS Based Augmented Reality Guna Mendukung Pemulihan Pariwisata Pasca Pandemi.” Sewagati 7(6):998–1005. doi:10.12962/j26139960.v7i6.761

Hasyim, Mochamad, Nur Rokhmatulloh, Muhammad Imron Rosadi, Faizal Arief Zakaria, Universitas Yudharta Pasuruan, dan Sejarah Artikel. 2021. “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android

Menggunakan Metode Markerless Tracking.” Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Informatika 13(1):28–34.

Indahsari, Leoni, dan Sumirat Sumirat. 2023. “Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif.” Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan 1(1):7–11. doi:10.61292/cognoscere.v1i1.20

Marlan, Monica Widi, dan Ananta Prathama. 2023. “Pemberdayaan Kelompok Peternak Lebah Di Kampung Madu Dusun Purworejo Desa Bringin Kabupaten Kediri.” Jurnal Ilmiah Riset dan Pengembangan 8(6):39–46

Pradhana, Faisal Reza, Aziz Musthafa, dan Firmana Putra. 2023. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Hukum Mad Berbasis Mobile Menggunakan Metode Mda Framework.” Jurnal Komputer dan Informatika 11(2):262–70. doi: 10.35508/jicon.v11i2.12568.

Rofi, Agus, Dudu Suhandi Saputra, Devi Afri, Budi Febriyanto, Universitas Majalengka, Universitas Majalengka, dan Universitas Majalengka. 2023.

“Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality ( AR ) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Pendahuluan Pendidikan merupakan pilar utama dalam perkembangan dan kemajuan suatu negara . ( Wijaya et al ., 2016 ; Istiarsono , 2016 ). Untuk menjamin b.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(1):344–50. doi: 10.31949/jee.v6i1.4754.

Suharyanto, E. 2021. “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pengenalan Hewan Endemik.” Jurnal Imu Komputer IV(11):33–37

Triyatno, Febriandi, Lailatur Rahmi, Yulia Permata Sari. 2025. “BUDIDAYA LEBAH MADU DI KABUPATEN

KEPULUAN MENTAWAI Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah kabupaten pada terdiri atas daratan dan perairan dengan posisi yang strategis di lepas Pantai dimanfaatkan lebah dan

menghasilkan madu yang berkualitas tinggi.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 9(1):1–2.

Published

2025-09-03

How to Cite

Muhammad Ariel Naafi’, Faisal Reza Pradhana, & Triana Harmini. (2025). Pengembangan Media Edukasi Wisata Lebah Kampoeng Madu Kediri Berbasis Augmented Reality. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 7(1), 263–270. https://doi.org/10.33884/psnistek.v7i1.10748

Issue

Section

Articles