Metode Sugeno dalam Penentuan Tingkat Kriminalitas di Kota Batam

Authors

  • Sestri Novia Rizki Universitas Putera Batam
  • Handra Tipa Universitas Putera Batam

Keywords:

Kriminalitas, Sugeno, Mesin Inferensi

Abstract

Pada saat sekarang ini Kota batam memiliki catatan yang sangat tinggi dalam kriminalitas. Kriminalitas saat ini bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga dilakukan oleh anak anak dibawah umur. Kriminalitas saat ini sudah meresahkan penduduk batam, karena tindakan ini bisa melukai dan menghilangkan nyawa manusia. Dilihat dari perekonomian batam banyak orang yang kehilangan pekerjaan sehingga banyak yang tidak berfikir jernis sehingga melalukan tingkat kejahatan, selain pengangguran pergaulan juga hal yang harus di hindari bagi anak anak dibawah umur agar terhindar tidak terjerumus kedalam kejahatan. Hai ini menjadi hal yang harus diperhatikan bagi orang tua, karena orang tua merupakan faktor utama dalam perkembangan anak anak remaja. Tujuan utama penelitian pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat kriminalitas di kota batam serta cara pencegahan agar terhindar dari kriminalitas dengan melihat cici ciri yang terjadi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode sugeno, Metode sugeno merupakan nilai pencarian dari nilai terbesar ke nilai paling kecil, denga menggunakan operator And dan sistem persamaan linear. Hasil penelitian ini berupa nilai matematika tentang tingkat kriminalitas di Kota batam saat ini semakin meningkat. Kesimpulan Sistem fuzzy ini mampu mengambil keputusan dalam menentukan tingkat kriminalitas dikota batam dan bisa dijadikan acuan dalam menangani kasus ini serta bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan.

References

Pangaribowo, T. (2015). Perancangan Simulasi Kendali Valve Dengan Algoritma Logika Fuzzy Menggunakan Bahasa Visual Basic. Teknologi Elektro, 6(2), 123–135.

Shakiba, A., Hooshmandasl, M. R., Davvaz, B., & Fazeli, S. A. S. (2017). S-approximation spaces: a fuzzy approach, 14(2), 127–154.

Sugiyono, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Published

2019-11-16

How to Cite

Rizki, S. N., & Tipa, H. (2019). Metode Sugeno dalam Penentuan Tingkat Kriminalitas di Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 193–198. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1534

Issue

Section

Articles