Perancangan Artificial Intelligence pada Keselamatan Pelayaran di Kota Batam

Authors

  • Sestri Novia Rizki Universitas Putera Batam
  • Handra Tipa Universitas Putera Batam

Keywords:

Metode Mamdani, Keselamatan Pelayaran, Logika Fuzzy

Abstract

Keselamat pelayaran merupakan hal yang harus diperhatikan oleh berbagai pihak yang berhubungan dengan sistem palayaran. Keselamatan merupakan kunci utama dalam pelayaran di kota batam. Pada saat sekarang ini banyak terjadi kecelakaan dalam pelayaran, baik itu dari kelalaian manusia maupun dari bencana yang terjadi tanpa diketahui oleh manusia. Maka dibuat sebuah aturan sebelum berlayar pihak pihak terkait harus mencek semua yang berhubungan dengan pelayaran untuk menghindari kecelakaan. Batam merupakan wilayah kepulauan yang terhubung antara banyak pulai, sehingga tranportasi laut merupakan anggutan utama dalam penyebrangan ke berbagai pulau. Saat ini banyak terjadi kecelakaan seperti kapal tenggelam, kapal bertabrakan dan kapal terbakar, hal ini rata rata disebabkan oleh kelalaian manusia. Variabel yang digunakan yaitu cara melihat gelombang dan pengecekan mesin yang dilakukan sebelum berangkat.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Kota batam, dengan memperhatikan Gelombang dan Pengecekan mesin disaat kapal mau berangkat awak kapal harus memperhatikan hal tersebut agar tidak terjadi kecelakaan pada pelayaran yang akan digunakan. Sehingga keselamatan penumpang kapal terjamin. Pada penelitian ini menggunakan metode mamdani. Metode mamdani mencari nilai terkecil ke nilai terbesar. Dan menentukan nilai output. Metode mamdani ini mampu menghasilkan output berupa sistem pengambilan keputusan dalam penentuan keselamatan pelayaran.Sehingga dapat dijadikan acuan dalam system palayaran agar terhindar dari kecelakaan pelayaran.

References

Charolina, Y. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN BONUS TAHUNAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC TIPE MAMDANI ( Studi Kasus Pada Karyawan PT . Sunhope Indonesia Di Jakarta ), 12, 42–53.

Maryaningsih, Siswanto, & Masterjon. (2013). Metode Logika Fuzzy Tsukamoto Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa. Media Infotama, 9(1), 140–165.

Pangaribowo, T. (2015). Perancangan Simulasi Kendali Valve Dengan Algoritma Logika Fuzzy Menggunakan Bahasa Visual Basic. Teknologi Elektro, 6(2), 123–135.

Wijaya, E. (2013). Jurnal TIME , Vol. II No 2 : 18-26, 2013 ISSN, II(2), 18–26.

Published

2019-11-16

How to Cite

Rizki, S. N., & Tipa, H. (2019). Perancangan Artificial Intelligence pada Keselamatan Pelayaran di Kota Batam. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 199–204. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1535

Issue

Section

Articles