Usulan Perancangan Reaktor Pirolisis pengubah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak

Authors

  • Zefri Azharman Universitas Putera Batam
  • Delia Meldra Universitas Putera Batam
  • Yopy Mardiansyah Universitas Putera Batam
  • Yan Mahesa Damanik Universitas Putera Batam

Keywords:

Sampah Plastik, Bahan Bakar, Perancangan dan Pengembangan, Pirolisis, LDPE

Abstract

Plastik memiliki peran yang penting bagi manusia saat ini. Pembungkus makanan yang praktis dan murah menjadikan plastik sebagai pilihan yang utama. Pembungkus plastik juga lebih efisien dan tahan lama dalam melindungi makanan dari hewan pengganggu seperti lalat. Dalam hal ini, pembungkus plastik menjadikannya lebih unggul dari pembungkus makanan lainnya seperti kertas, dan daun pisang. Dengan keunggulan pembungkus plastik tersebut, banyak perusahaan makanan dan usaha mikro yang memproduksi plastik dan menggunakannya sebagai pembungkus makanan. Disamping keunggulan yang dirasakan dalam menggunakan plastik, terdapat dampak yang cukup besar terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan plastik yang digunakan sebagai pembungkus makanan sulit untuk didegradasi oleh tanah. Oleh karena itu, diperlukan alternatif dalam penangan sampah plastik, seperti membuat alat konversi plastik menjadi bahan bakar. Dalam penelitian ini bertujuan merancangan alat pengubah sampah plastik menjadi bahan bakar dengan menggunakan metode pirolisis. Jenis metode penelitian ini adalah metode perancangan dan pengambangan dengan pendekatan studi literatur. Perancangan alat dibuat dengan memiliki satu tangki sebagai tempat pemanasan plastik, dan memiliki saluran pendingin untuk mengubah gas yang akan dihasilkan menjadi cair. Tangki reaktor berbahan besi untuk tahan pemanasan 300oC-500oC. Dalam desain juga memiliki pengukur temperatur suhu maksimal 500oC dan pengukur tekanan maksimal 2,5 bar (0,25 mPa). Saluran digunakan untuk menyalurkan uap panas hasil pirolisis ke dalam filtrat dan dilakukan kondensasi. Hasil yang diharapkan dalam usulan ini adalah bahan bakar minyak.

References

Endang, K., Mukhtar, G., Nego, A., & Sugiyana, F. X. A. (2016). Pengolahan Sampah Plastik dengan Metoda Pirolisis menjadi Bahan Bakar Minyak. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” Pengembangan Teknologi Kimia Untuk Pengolahan Sumber Daya Alam Indonesia, 1–7.

Filho, W. L., Saari, U., Fedoruk, M., Iital, A., Moora, H., Klöga, M., & Voronova, V. (2019). An overview of the problems posed by plastic products and the role of extended producer responsibility in Europe. Journal of Cleaner Production, 214(20 March 2019), 550–558. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.12.256

NahidSiddiqui, M. (2009). Conversion of hazardous plastic wastes into useful chemical products. Journal of Hazardous Materials, 167(August), 728–735.

Naimah, S., & Aidha, N. (2017). KARAKTERISTIK GAS HASIL PROSES PIROLISIS LIMBAH PLASTIK POLIETILENA ( PE ) DENGAN MENGGUNAKAN KATALIS RESIDUE CATALYTIC CRACKING ( RCC ). Jurnal Kimia Dan Kemasan, 39(1), 31–38.

R.Miandad, A.S.Nizami, M.Rehan, M.A.Barakat, M.I.Khan, A.Mustafa, … J.D.Murphy. (2016). Influence of temperature and reaction time on the conversion of polystyrene waste to pyrolysis liquid oil. Waste Management, 58(December), 250–259.

Surono, U. B. (2013). Berbagai Metode Konversi Sampah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Teknik, 3(April 2013), 32–40.

Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2001). Perancangan dan Pengembangan Produk (Pertama). Jakarta: Salemba Teknika.

Published

2019-11-16

How to Cite

Azharman, Z. ., Meldra, D. ., Mardiansyah, Y. ., & Damanik, Y. M. . (2019). Usulan Perancangan Reaktor Pirolisis pengubah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2, 259–264. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1545

Issue

Section

Articles