Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Usaha Roti Dapoer Yuri

Penulis

  • Evan Rosiska Universitas Putera Batam
  • Rahmat Fauzi Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Desain, Penjualan Online, Website, Bisnis Rumahan

Abstrak

Penjualan yang dilakukan secara online merupakan salah satu bagian terpenting dari internet pada saat ini. Pesatnya perkembangan teknologi dan internet di Indonesia memberikan dampak perubahan pada perubahan bisnis, salah satunya adalah cara membeli dan menjual yang dilakukan secara online. Pada usaha Roti Dapoer Yuri masih menerapkan sistem secara konvensional, strategi penjualannya pun dilakukan secara langsung dengan cara melakukan pengantaran produk ke kantin-kanti PT, warung-warung serta toko-toko. Jika dilihat dari perkembangan teknologi sistem informasi yang berkembang saat ini Usaha Roti Dapoer Yuri sangat membutuhkan sebuah teknologi untuk meningkatkan penjualan bisa diakses secara online dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah model waterfall yaitu melalui beberapa tahapan seperti analisis kebutuhan, desain sistem yang akan digunakan, pembuatan kode program dan pengujian sistem yang dibuat. Dalam melengkapi data agar tujuan bisa dicapai maka teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi. Dengan adanya sistem penjualan yang dilakukan secara online telah mengubah sistem penjualan yang dilakukan, dimana pembeli bisa melakukan pembelian dengan memilih beberapa jenis roti kemudian melakukan proses pemesanan dan dilanjutkan dengan proses pembayaran yang dilakukan secara tranfer melalui rekening yang telah ditentukan. Sementara itu hasil dari perancangan sistem informasi ini mampu memberikan dampak peningkatan penjualan produk pada usaha roti Roti Dapoer Yuri yang efektif.

Referensi

Ananda, R. (2016). Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Keripik Di Kelurahan Kubu Gadang). JPM FISIP, 3(2), 1-15.
Andrianof, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Promosi Dan Penjualan Pada Toko Ruminansia Berbasis Web. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(1), 11-19.
Anjelita, P. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Negeri 3 Batam. Comasie Journal, 1(1).
Harison. (2016). Sistem Informasi Geografis Sarana Pada Kabupaten Pasaman Barat. TEKNOIF, 4(2), 40-50.
Hastanti, R. P. (2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika, 3(2).
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82-86.
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara , 3(1), 82-86.
Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara , 3(1).
Maulana, S. M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi,, 4(1), 64-74.
Siregar, V. M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 15-21.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Rosiska, E. ., & Fauzi, R. . (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Usaha Roti Dapoer Yuri. Prosiding, 3, 55–60. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3613

Terbitan

Bagian

Articles