Peran Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Penggunaan Gas PGN Pada Masyarakat Kota Batam

Penulis

  • Hendri Herman Universitas Putera Batam
  • Vargo Christian L. Tobing Universitas Putera Batam

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Keputusan Konsumen

Abstrak

Keputusan konsumen untuk membeli produk/ jasa merupakan suatu proses yang dimulai dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, konsumsi, dan evaluasi. Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk/ jasa tentu dipengaruhi oleh kualitas dari produk yang akan dibeli/ digunakan. Kualitas dari produk sudah menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan agar produk yang ditawarkan kepada masyarakat dapat diterima dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam penggunaan gas PGN pada masyarakat kota Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah sektor rumah tangga yang menjadi pelanggan Perusahaan Gas Negara. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 responden. Perolehan data dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada pelanggan gas PGN (sektor rumah tangga). Data yang diperoleh akan ditabulasi dan untuk selanjutnya diolah dengan menggunakan program SPSS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; uji kualitas data; uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas data, uji heteroskedastisitas, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis secara parsial. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam penggunaan gas PGN, dengan nilai korelasi sebesar 36%, yang berarti kualitas produk mampu mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan keputusan penggunaan gas sebesar 36%, dan sisanya sebesar 64% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Referensi

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.
Memah, D., Tumbel, A., & Rate, P. V. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. Jurnal EMBA, 3(1). https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.8285
Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jilid 1, Edisi Kelima. Erlangga.
Mukti, M. Y. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1), 89–110.
Nasution, & Yasin. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Naila Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(2).
Tangkilisan, H. N. (2007). Manajemen Publik. Grasindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-27

Cara Mengutip

Herman, H., & Tobing, V. C. L. (2021). Peran Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Penggunaan Gas PGN Pada Masyarakat Kota Batam. Prosiding, 3, 61–66. Diambil dari https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3614

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama