PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK TI BALI GLOBAL
Kata Kunci:
SMK TI Bali Global, Online Learning, Academic Quality Service, PandemicAbstrak
Pada masa pandemi CoViD-19 ini pembelajaran daring memiliki peran yang signifikan dalam pembelajaran siswa di Sekolah Menengah, terutama SMK. Pada penelitian ini ingin diketahui pengaruh dan hubungan antara pembelajaran daring dan kualitas layanan akademik. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan proses pembelajaran, maka penelitian ini dilakukan di SMK TI Bali Global yang terdiri dari beberapa kelas. Berdasarkan penelitian awal di beberapa sekolah di Bali, hampir semua proses pembelajaran telah didukung oleh fasilitas laboratorium dan teknologi yang memadai untuk sekolah seperti LCD projector, screen dan papan tulis di setiap kelas maupun akses jaringan nternet. Secara keseluruhan, penelitian ini ingin memperkuat keyakinan bahwa pembelajaran daring merupakan elemen yang mempengaruhi kualitas layanan di masa pandemi CoViD-19 berlangsung. Sebuah kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan data dari siswa dan staff kademik pada SMK TI Bali Global. Selanjutnya untuk melakukan analisis data akan digunakan metode statistik
Referensi
Aboagye, E.; Yawson, J.A.; Appiah, K.N. (2020). COVID-19 and E-Learning: The Challenges of Students in Tertiary Institutions. Soc. Educ.
Abou El-Seoud, S.; Seddiek, N.; Taj-Eddin, I.; Ghenghesh, P.; Nosseir, A.; El-Khouly, M. (2014). E-Learning and Students’ Motivation: A Research Study on the Effect of E-Learning on Higher Education. Int. J. Emerg. Technol. Learn.
Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. High. Educ. Stud. Moh. Nazir. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Anwar, K.; Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. J. Pedagog.
Cohen, E.; Nycz, M.(2006). Learning Objects and E-Learning: An Informing Science Perspective. Interdiscip. J. E Ski.Lifelong Learn.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. J. Educ. Technol. Syst.
Engelbrecht, E. (2005). Adapting to changing expectations: Post-graduate students’ experience of an e-learning tax program. Comput. Educ.
Garavan T. N., Ronan, C., Grace, O. M., and David, O.D. (2010), Understanding participation in e-learning in organizations: a large scale empirical study of employees, International Journal of Training and Development, Vol 14, No 3, Page(s) 155-168
Horton, W. (2006). E-Learning by Design; Pfeiffer: San Francisco, CA, USA
Nazir, M. I. J., Aftab Haider Rizvi, Ramachandra V Pujeri. (2012). Skill Development in Multimedia Based Learning Environment in Higher Education : An Operational Model. International Journal of Information and Communication Technology Research, 2(11)
Popovici, A.; Mironov, C. (2015). Students’ Perception on Using eLearning Technologies. Procedia Soc. Behav. Sci.
Sobaih, A.E.E. Hasanein, A.M.. Abu Elnasr, A.E. (2020). Responses to COVID-19 in Higher Education: Social Media Usage for Sustaining Formal Academic Communication in Developing Countries. Sustainability
Yusuf, N.; Al-Banawi, N. (2013). The Impact of Changing Technology: The Case of E-Learning. Contemp. Issues Educ
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.