Analisis Nilai Pelanggan Listrik Prabayar Terhadap Kepercayaan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Citra Perusahaan PT PLN Bright Batam
Kata Kunci:
Citra Perusahaan; Kepercayaan; Nilai Pelanggan.Abstrak
Inovasi layanan berbasis teknologi informasi yang dilakukan oleh PT PLN Bright Batam dengan menciptakan program listrik pra bayar bertujuan untuk mengefektifkan dan mempermudah pelanggan dalam mengakses dan mengatur penggunaan listrik. Program listrik pra bayar juga sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan citra dan reputasi perusahaan PLN Bright Batam dalam meningkatkan nilai yang dirasakan oleh pelanggan. Namun inovasi tersebut belum semua direspon positif oleh masyarakat Batam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat yang diberikan terhadap program listrik pra bayar yang dilakukan oleh PT PLN Bright Batam yang diukur oleh variabel nilai pelanggan dan implikasinya terhadap citra PT PLN Bright Batam sebagai perusahaan publik. Populasi penelitian adalah pelanggan listrik prabayar rumah tangga kota Batam yang tersebar di tujuh (7) kecamatan dengan sampel sebanyak 200 responden dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional sampling. Penelitian ini merupakan explanatory survey yakni untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dan hubungan antara variabel nilai pelanggan, kepercayaan terhadap citra perusahaan. Alat analisisnya menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat bantu program Lisrel for Windows versi 8.3. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan dan citra perusahaan. Demikan halnya dengan variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan.
Referensi
Hair, J. (2009). Multivariate Data Analysis. Faculty Publications.
Isaac Oladepo, O., & Samuel Abimbola, O. (2014). Buku Pemasaran Produk. Yudistira, 1(4), 97–109.
Kilgour, M. (2006). Marketing Management: An Asian Perspective. Australasian Marketing Journal, 14(2), 52.
Kortge, G. D., & Okonkwo, P. A. (1993). Perceived value approach to pricing. Industrial Marketing Management, 22(2), 133–140. https://doi.org/10.1016/0019-8501(93)90039-A
Kotler, P. (2011). Kotler on... Management Decision, 29(2). https://doi.org/10.1108/00251749110004961
Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education Limited, 817, 1.
Kotler, & Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran, 111. https://doi.org/10.1890/09-2296.1.Abrams
Kumar, V., & Reinartz, W. (2016). Creating Enduring Customer Value. Journal of Marketing, 80(6), 36–68. https://doi.org/10.1509/jm.15.0414
Kurniawan, A., Loekito, L., & Solimun, S. (2016). Power Of Test Path Analysis and Partial Least Square Analysis. CAUCHY; Vol 4, No 3 (2016): CAUCHYDO - 10.18860/ca.v4i3.3593 , 4(3), 112–114.
Lopez Sanchez, J. A. (2015). Value (Perceived). In Wiley Encyclopedia of Management. https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom090273
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Sirgy, M. J., & Danes, J. E. (1982). Self-image/product-image congruence models: Testing selected models. Advances in Consumer Research, 9(1), 556–561. https://doi.org/Article
Suhartono Suhartono. (2005). a Comparative Study of Forecasting Models for Trend and Seasonal Time Series : Does Complex Model Always Yield Better Forecast Than Simple Models. Jurnal Teknik Industri, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.9744/JTI.7.1.PP. 22-30
Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran. Andi Offset (Vol. Yogya).
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. CV. Andi Offset. Yogyakarta., 353. https://doi.org/10.1177/0300985809357753
Woodruff, D., & Gudova, E. (2016). Interview with David Woodruff: ``Financial Market Governs by Panic{’’}. Journal Of Economic Sociology-Ekonomicheskaya Sotsiologiya, 17(2), 11–20.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Prosiding
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.