Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Pada Masyarakat Di Kota Batam

Penulis

  • Otona Zalukhu Otona Zalukhu Mahasiswa
  • Asron Saputra, S.E., M.Si. Asron Saputra Dosen

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i4.7443

Abstrak

Adanya pengkajian ini guna menganalisis dampak antara kemudahan dan kualitas
pelayanan pada keputusan pembelian jasa Gojek pada masyarakat Kota Batam.
Kemudahan dalam pengunaan Gojek merupakah hal yang paling mendasar dalam
menawarkan produk yang dijual serta kualitas layanan, makin optimal kualitas yang
ditawarkan semakin meningkat pula konsumen untuk menggunakannya. Pengkajian ini
memakai deskriptif secara pendekatatan kuantitatif serta jumlah responden sebar 212
responden yang diambil pada masyarakat perumahan Taman Cipta Asri Tembesi Blok L
Rt 008 Rw 012. Dengan bantuan program SPSS versi 26 diperoleh hasil bahwa diketahui
besar t hitung 7,491 > t tabel 1,971 serta nilai sig 0,000 < 0,05 dengan demikian variabel
kemudahan berdampak signifikan pada keputusan pembelian, pada variabel kualitas
pelayanan nilai t hitung 4,005 > t tabel 1,971 serta nilai sig 0,000 < 0,05 maka kualitas
pelayanan berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk f hitung pada
pengkajian ini adalah 104,253 > F tabel 2,65 serta signifikasinya yaitu 0,000 < 0,05
sehingga kemudahan serta kualitas layanan berdampak positif serta signifikan pada
keputusan pembelian.

Referensi

Isnawati, N. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap

Keputusan Pembelian secra Online pada Aplikasi Instagram di Jakarta Timur ( Studi Pada

Pengguna Instagram di Jakarta Timur ). Jurnal STEI Ekonomi, XX(Xx), 1–19.

Manoy, T. I., Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas

Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Ake Maumbi. Jurnal EMBA, 9(4),

–323.

Maria, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap

Keputusan Pembelian/Jasa Pembuatan Karoseri di PT SKA Karoseri Indonesia. Jurnal

Ekobis Dewantara Vol., 4(3), 122–133.

Patmala, H. S. P., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan

Pembelian di UMK Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1154–1170.

Purba, O. R., & Raja, P. L. (2022). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Konsumen

Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Shopee

di Kota Medan). Journal Of Social Research, 1(9), 1067–1075.

Puspitasari, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas

Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Konsumen

Pelanggan Aplikasi Grab di PT Sido Muncul Kebon Jeruk). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Indonesia, 1–15.

Sandora, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian

Belanja secara Online. Eko Dan Bisnis, 11(3).

Sartika, D. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian

secara Online di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 253–262.

Sipayung, F., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan

Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam. 5.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-13

Terbitan

Bagian

Articles