Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Pada Masyarakat Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i4.7443Abstrak
Adanya pengkajian ini guna menganalisis dampak antara kemudahan dan kualitas
pelayanan pada keputusan pembelian jasa Gojek pada masyarakat Kota Batam.
Kemudahan dalam pengunaan Gojek merupakah hal yang paling mendasar dalam
menawarkan produk yang dijual serta kualitas layanan, makin optimal kualitas yang
ditawarkan semakin meningkat pula konsumen untuk menggunakannya. Pengkajian ini
memakai deskriptif secara pendekatatan kuantitatif serta jumlah responden sebar 212
responden yang diambil pada masyarakat perumahan Taman Cipta Asri Tembesi Blok L
Rt 008 Rw 012. Dengan bantuan program SPSS versi 26 diperoleh hasil bahwa diketahui
besar t hitung 7,491 > t tabel 1,971 serta nilai sig 0,000 < 0,05 dengan demikian variabel
kemudahan berdampak signifikan pada keputusan pembelian, pada variabel kualitas
pelayanan nilai t hitung 4,005 > t tabel 1,971 serta nilai sig 0,000 < 0,05 maka kualitas
pelayanan berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk f hitung pada
pengkajian ini adalah 104,253 > F tabel 2,65 serta signifikasinya yaitu 0,000 < 0,05
sehingga kemudahan serta kualitas layanan berdampak positif serta signifikan pada
keputusan pembelian.
Referensi
Isnawati, N. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap
Keputusan Pembelian secra Online pada Aplikasi Instagram di Jakarta Timur ( Studi Pada
Pengguna Instagram di Jakarta Timur ). Jurnal STEI Ekonomi, XX(Xx), 1–19.
Manoy, T. I., Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas
Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Ake Maumbi. Jurnal EMBA, 9(4),
–323.
Maria, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap
Keputusan Pembelian/Jasa Pembuatan Karoseri di PT SKA Karoseri Indonesia. Jurnal
Ekobis Dewantara Vol., 4(3), 122–133.
Patmala, H. S. P., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Pembelian di UMK Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA, 5(3), 1154–1170.
Purba, O. R., & Raja, P. L. (2022). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Konsumen
Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Shopee
di Kota Medan). Journal Of Social Research, 1(9), 1067–1075.
Puspitasari, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas
Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Konsumen
Pelanggan Aplikasi Grab di PT Sido Muncul Kebon Jeruk). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia, 1–15.
Sandora, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian
Belanja secara Online. Eko Dan Bisnis, 11(3).
Sartika, D. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian
secara Online di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 253–262.
Sipayung, F., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan
Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam. 5.