Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Batam Center
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i2.8226Kata Kunci:
Citra Merek, Keberagaman Produk, Keputusan Pembelian, Kualitas ProdukAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki pengaruh keberagaman produk, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Batam Center. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah konsumen Wardah pada Guardian One mall Batam dan jumlahnya didasari pada data penjualan pada Agustus 2023 sebesar 317 pelanggan. Sampel sebanyak 177 responden dipilih menggunakan metode rumus Slovin. Analisis data dilakukan melalui pendekatan regresi linier berganda. Proses analisis meliputi pengujian terhadap uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa keberagaman produk memiliki pengaruh sebesar 23,1% terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk memiliki penagruh sebesar 25,8% terhadap keputusan pembelian. Citra merek memiliki pengaruh sebesar 36,0% terhadap keputusan pembelian. Temuan dari pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keberagaman produk, kualitas produk dan citra merek secara keseluruhan dapat menjelaskan sekitar 63,8% variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu, hasil dari uji t dan uji F mengindikasikan bahwa baik keberagaman produk, kualitas produk dan citra merek baik secara parsial maupun secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah di Batam Center
Referensi
Arlina, Wijaya, E., & Nurzam. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Indomarco Adi Prima Bengkulu. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1631–1639.
Faradila, S. M., Kusnadi, E., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dengan Minat Beli Produk Fashion Muslim Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(2), 256–271.
Hansen, C., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Keragaman Produk , Kualitas Produk , dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hyundai pada PT Pionir Auto Mobil. Disrupsi Bisnis, 6(5), 551–562.
Hasibuan, M. (2022). The Effect of Digital Marketing and Product Diversity on Interests and Impact on Student Decisions in Choosing Private Universities in Padangsidimpun City. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Kristamus, S., & Purba, T. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Remaja Pada Tissue Basah Dettol Di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 894–906. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.650
Lan, A., & Wangdra, Y. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sandal Eiger pada E-Commerce Shopee. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 5(2), 71–83.
Lubis, R. S. B., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Gofood di Kota Batam. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 354–364. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/drb.v6i4.30441
Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 907–920.
Oktavira, W., & Sunargo. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bear Brand di Kota Batam. ECo-Buss, 6(1).
Perdana, R. N., Rinaldo, J., & Yulistia. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe El’s Coffee Di Padang. Jurnal Matua, 3(4), 814–824.
Prananta, W., Hapsoro, B. B., & Permana, M. V. (2021). Role of Service Quality, Price Perception, Brand Image, and Information Technology Involvement in Banking Product Purchase Decisions. Jurnal Dinamika Manajemen, 12(2), 187–200.
Saputri, N. F., & Suhardi. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Two Way Cake Pixy. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 376–386.
Sembiring, M. J., Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2022). The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 214. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2022.v16.i02.p03
Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420
Sudrajat, A., Nuraini, U., & Hamidi, M. J. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Jazz. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i1.392
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Talopod, R. V., Tampi, J. R. ., & Mukuan, D. D. S. (2020). Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Skincare dan Kosmetik the Body Shop Manado Town Square. Productivity, 1(3), 251. file:///D:/Download/29721-61597-2-PB.pdf
Wijaya, A. P., & Annisa, I. T. (2020). The Influence of Brand Image, Brand Trust and Product Packaging Information on Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(1), 24–35. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v18i1.3077
Wulansari, A., & Hadisuwarno, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scarrlet. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 53–67.