ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BATAM TELEVISI DALAM MENARIK MINAT PENONTON PADA PROGRAM BERITA DETAK KEPRI SIANG
PENDAHULUAN, KAJIAN TEORI, METODOLOGI PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, SIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i1.8436Kata Kunci:
Televisi lokal, Media massa, Berita, Program berita, Penonton televisiAbstrak
Televisi lokal adalah televisi yang stasiun siarannya memiliki cakupan terkecil, meliputi kota atau distrik tertentu. Menurut hukum penyiaran, stasiun penyiaran lokal dapat didirikan di lokasi-lokasi tertentu di wilayah Republik Indonesia, dengan cakupan siaran terbatas pada lokasi-lokasi tersebut. Detak Kepri siang merupakan sebuah program berita atau segmen berita yang menyajikan informasi terkini tentang peristiwa terkini di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi seperti apa yang digunakan Batam Television untuk menarik minat penonton terhadap program berita Detik Kepri Noon, strategi membuat program berita Dek Kepri Noon serta faktor pendukung dan penghambat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan Batam Television untuk menarik minat penonton terhadap program berita Kepri Noon adalah memanfaatkan aplikasi JPM Stream sebagai aplikasi digital berbasis online untuk memudahkan pemirsa mengakses program berita, baik siaran langsung maupun siaran tunda.
Referensi
Abdullah, Aceng, and Lilis Puspitasari. 2018. “Media Televisi Di Era Internet.” ProTVF 2(1):101. doi: 10.24198/ptvf.v2i1.19880.
Ardiyanti, Handrini. 2011. “Konsep Dan Regulasi TV Lokal Dalam Kerangka Penguatan Budaya Lokal.” Politica 2(2):323–40.
Arsha, Muhtadin Maghribi, and Desy Misnawati. 2017. “Strategi Komunikasi Departemen Produksi Dalam Meningkatkan Kualitas Program Pagi – Pagi Di Net Tv.” Jurnal Inovasi 11(2):79–91.
Badrudin, Syahir. 2017. “Strategi Komunikasi Dakwah Televisi Komunitas An-Nur Masjid Agung Palembang.” Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan 1(2):2.
Di, Kuliner, and Instagram Tv. 2021. “Strategi Komunikasi Foodgram Dalam Konten Review.” 4(1):97–111.
Dinata, Angel, Eko Harry Susanto, and Sudarto Sudarto. 2020. “Tinjauan Strategi Komunikasi Program Edutainment Di Televisi.” Koneksi 4(2):324. doi: 10.24912/kn.v4i2.8155.
Dwi, Tiara, and Djudjur Luciana Radjagukguk. 2022. “Strategi Komunikasi Manajemen Redaksi Televisi Radio (TVR) Parlemen Dalam Meningkatkan Minat Penonton Di Era Digital.” Journal Of Social Science, Humanitis And Humaniora ADPERTISI 2(1):16–28.
Helmilia, M., and R. Lestari. 2021. “Strategi Komunikasi Tim Produksi Pada Program Suara Parlemen Pagi Di Televisi Radio (Tvr) Parlemen Dalam Meningkatkan Kualitas Program.” Pantarei.
Juditha, Christiany. 2018. “Televisi Lokal Dan Konten Kearifan Lokal (Studi Kasus Di Sindo Tv Kendari).” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan 16(1):49. doi: 10.31346/jpkp.v16i1.1337.
Nur, Emilsyah. 2021. “Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online.” Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa 02:52.
Wulandari, Yuni. 2022. “Analisis Strategi Pengarah Acara Program Hiburan Di Televisi Republik Indonesia Riau KEPRI Dalam Menarik Pemirsa.” Jurnal Ilmu Komunikasi 19(3):296. doi: 10.31315/jik.v19i3.6119.