IMPLEMENTASI PELAYANAN BERBASIS ELEKTRONIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KOTA BATAM

Penulis

  • agustina sombo Universitas Putera Batam
  • Dompak Departemen of PubliC Administration, Faculty Of Sosial and Humanities,Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i1.8544

Kata Kunci:

Policy Implementation, E-Services, E-government, PTSP

Abstrak

Berbagai modifikasi sistem dilakukan pada masa transisi pasca Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Dua contoh perubahan tersebut adalah sistem PTSP menjadi OSS dan pedoman pengelolaan peralihan layanan offline ke online. Sampel purposif dan teknik kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Instrumen penelitiannya adalah observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data meliputi analisis dokumen, penggunaan buku catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Wawancara dan observasi lapangan secara langsung dilakukan. Pengumpulan data dilakukan secara terus menerus. analisis data dengan pendekatan berdasarkan tema. melakukan triangulasi data untuk memastikan hasilnya dapat diandalkan. Informed consent diberikan oleh partisipan setelah mereka menerima seluruh informasi penelitian secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem online PTSP Mudah dan Online Single Submission (OSS) meningkatkan daya saing Kota Batam. Scene Digital Sistem Easy PTSP Online membuat prosedur perizinan menjadi lebih cepat dan mudah, efisiensi input dan kualitas output lebih tinggi dibandingkan layanan lainnya.

Referensi

Akib, H. (2010). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. jurnal adm

publik, 1(1), 34–41.

Bilyastuti, M. P. (2019). Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu

Pintu (Dpmptsp) Kabupaten Ponorogo Dengan Sijitu (Sistem Informasi Perizinan Terpadu).

Reformasi, 9(1), 82. https://doi.org/10.33366/rfr.v9i1.1346

Fadhilah, A. N., & Prabawati, I. (2019). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi

Secara Elektronik Online Single Submission (OSS) Studi Pada Dinas Penanaman Modal

Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Nganjuk. Publika, 8(3), 911–924.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27533

Fikri, A. T. (2020). Inovasi Mal Pelayanan Publik Kota Probolinggo Dalam Meningktakan

Efektifitas Pelayanan Publik. Prosiding Simposium Nasional, 548–568. http://researchreport.umm.ac.id/index.php/PSIP/article/view/3510

Mulyasa, E. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Muslihin, D., & Erfandy, I. T. (2020). Digitalisasi pelayanan publik. Pustaka Bangsa, ISBN:

-623-6592-00-7.

Petra Hasiholan, Murtir Jeddawi, & Ika Sartika. (2020). Implementasi Mal Pelayanan Publik Di

Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia,

(2), 405–422. https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.286

Robby, U. B. dan Tarwini, T. (2019). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Ramah Penyandang.

Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 10(2), 51–57.

Rowley, J. (2006). An analysis of the e‐service literature: towards a research agenda. In

Publisher: Emerald Group Publishing Limited (Vol. 16, Nomor 3).

Sinaga, K. (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Pelayanan Terpadu Dalam Rangka

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan

Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. Jurnal Publik Reform, 4(1). doi:

https://doi.org/10.46576/jpr.v4i0.401

Sulistyastuti, D. R., & Purwanto, E. A. (2012). Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan

Aplikasinyadi Indonesia. Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Suryana, O. (2019). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat pada Mal Pelayanan Publik (MPP)

Kota Batam. Jurnal Transformasi Administrasi, 09(01), 56–70.

Widiyaningrum, W. Y. (2022). Efektivitas Mall Pelayanan Publik ( MPP ) Oleh Dinas

Penanaman Modal Dan Pelayanan Satu Pintu ( DPMPTSP ) Dalam Meningkatkan

Pelayanan Publik Di Kabupaten Bandung. Jurnal JISIPOL, 6(November), 57–68.

Winarno, B. (2002). Teori dan proses kebijakan publik. Media Pressindo, Yogyakarta.

Wismayanti, K. W. D., & Purnamaningsih, P. E. (2022). PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK

BERBASIS E- GOVERNMENT DALAM PROGRAM LAYANAN PERIZINAN ONLINE

(LAPERON) DI DPMPTSP KABUPATEN BADUNG. JURNAL CAKRAWARTI, 05(01),

–56

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-12

Terbitan

Bagian

Articles