ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-FILING DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BATAM SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i2.8564Kata Kunci:
Kualitas Sistem, Persepsi Kenyamanan, Keamanan dan Kerahasiaan, Kepuasan Wajib PajakAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas sistem, persepsi kenyamanan, keamanan dan kerahasiaan terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filing di KPP Pratama Batam Selatan. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang melaporkan pajaknya menggunakan e-filing yang terdaftar di KPP Pratama Batam Selatan berjumlah 61.479 orang dan sampel dari perhitungan rumus Slovin diperoleh sampel dalam penelitian sebanyak 398 orang. responden wajib pajak orang pribadi. Data diolah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak menggunakan e-filing, persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak menggunakan e-filing, keamanan dan kerahasiaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak menggunakan e-filing. pengarsipan dan secara bersama-sama kualitas sistem, persepsi kemudahan serta keamanan dan kerahasiaan berpengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filing di KPP Pratama Batam Selatan. Koefisien determinasi sebesar 24,6% sisanya 75,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Referensi
Abraham Agung, & Rinabi Tanamal. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kualitas Sistem, Dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Minat Wajib Pajak Orang Pribadi (Wpop) Dalam Penggunaan E-Filing. Teknika, 10(2), 128–136.
Anisa Widya Larasati, Diyah Probowulan, & Achmad Syahrudin. (2019). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Atas Penerapan E-Filing Dan Persepsi Wajib Pajak Atas Kualitas Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Paja. Ournal Of Economic, Business And Accounting, 3(1), 208–216.
Annastasia Lizkayundari, & Febrian Kwanto. (2019). Pengaruh Persepsi Pemahaman Wajib Pajak, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan Sistem E-Filing (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cengkareng ). Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 210–236.
Darmayasa, I. N., Putra Wibawa, B., & Nurhayanti, K. (2020). E-Filling Dan Relawan Pajak Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. 4(2), 208–227.
Deviana Wahyu Purwiyanti, & Herry Laksito. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan Dan Kepuasan Penggunaan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada KPP Pratama Candisari Semarang). Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unversitas Diponegoro, 9(2), 1–9.
Imaniar Darmayanti, & Sri Rustiyaningsih. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing Pada Wpop Pengguna E-Filing. Riset Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 132–145.
Kasriana, & Arum Indrasari. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing . Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 15–32.
Kathleen Wiratan, & Karina Harjanto. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Filing Oleh Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Pada Kpp Madya Dan Pratama Di Kota Tangerang Dan Tangerang Selatan). Bina Akuntansi, 4(5), 310–349.
Made Ayu Chandra Dewi. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Tingkat Kesiapan Teknologi Informasi Dan Kepuasan Pengguna Wajib Pajak Terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing. Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 317–368.
Nur Anisa Putri, & Sihar Tambun. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem Perpajakan Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepuasan Pengguna E-Filing Dengan Kepercayaan Terhadap Otoritas Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Ekonomi, 21(1), 1–9.
Nurhayati, Harirul Anam, & Raja Vanaldo Boang Manalu. (2020). Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-Filing. Geo Ekonomi, 11(1), 1–15.
Sarazkha Addina, M. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Persepsi Kemudahan Dan Ketepatan Waktu Penggunaan E-Filing Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi. Akuntansi, 1–30.
Syamsul Bahri, & Listorini. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan Dan Persepsi Kecepatan Terhadap Minat Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing Pada Kpp Pratama Binjai. Ekonomi Bisnis, 19(2), 159–170.