PENERAPAN SISTEM PAKAR DALAM MENENTUKAN KUALITAS ROTAN TABU-TABU DENGAN METODE FORWARD CHAINING

  • Arif Rahman Hakim Universitas Putera Batam

Abstract

Salah satu hasil hutan non kayu yang ada di Indonesia adalah rotan, dimana rotan di indonesia mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi, baik sebagai sumber mata pencaharian rakyat dan UMKM pengolahan bahan baku setengah jadi yang digunakan sebagai bahan furnitur untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri. Rotan tabu-tabu adalah rotan yang termasuk dalam rotan berdiameter besar, mempunyai ukuran dari 20 mm sampai 43 mm, hampir sama dengan rotan manau. rotan tabu-tabu mempunyai kulit lebih tipis dan berwarna krem, isinya (hatinya) berwarna putih serta memiliki pori pori agak lebih besar dari rotan manau, ini menjadikan rotan tabu-tabu lebih lembut dan lentur. Rotan tabu-tabu merupakan rotan berukuran besar yang banyak dijadikan bahan furnitur seperti meja, kursi dan lemari. Dengan rancangan sistem pakar tentang menentukan kualitas rotan tabu-tabu ini diharapkan para peminat rotan tabu-tabu dapat mengetahui tentang kualitas rotan tabu-tabu, karena masih banyak kurang mengetahui dari kualitas rotan tabu-tabu. Permasalahan yang penelitian ini adalah meneliti dan menemukan faktor-faktor yang menentukan kualitas dari rotan tabu-tabu. Rancangan sistem ini menggunakan metode inferensi runut maju (Forword Chaining). Dari rancangan sistem ini, maka dapat diperoleh hasil kualitas rotan tabu-tabu.

References

[1] I. C. Nugraha, “Kuliah Berbasis Android Pada Sma Islam,” Sist. Pakar Tes Minat Dan Bakat Jur. Kuliah Berbas. Android Pada Sma Islam Teratai Putih Glob. Bekasi, vol. II, no. 21, pp. 138–147, 2016.
[2] Harison dan Alexyusanderia, “Sistem Pakar Perawatan Dan Perbaikan Ringan Mobil Bensin Menggunakan Video Tutorial Berbasis Web,” J. Ilm. Tek. Inform., vol. 16, no. 2, pp. 8–15, 2014.
[3] D. O. Olanloye, “an Expert System for Diagnosing Faults in Motorcycle,” J. Eng. Appl. Sci., vol. 5, no. 6, pp. 1–8, 2014.
[4] Y. M. A. Ashari, “Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan dan Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Penyakit Pencernaan dengan Pengobatan Herbal,” pp. 9–10, 2015.
[5] N. S. Hussein and M. J. Aqel, “ESTJ: An Expert System for Tourism in Jordan,” Procedia Comput. Sci., vol. 65, no. Iccmit, pp. 821–826, 2015.
[6] D. J. Damiri and A. Susanto, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Asma,” pp. 1–7, 2009.
[7] K. Holel and V. Gulhane, “Rule-Based Expert System for the Diagnosis of Memory,” Int. J. Innov. Sci. Eng. Technol., vol. 1, no. 3, pp. 80–83, 2014.
Published
2018-09-28
How to Cite
HAKIM, Arif Rahman. PENERAPAN SISTEM PAKAR DALAM MENENTUKAN KUALITAS ROTAN TABU-TABU DENGAN METODE FORWARD CHAINING. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 16-22, sep. 2018. ISSN 2615-1049. Available at: <http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jif/article/view/593>. Date accessed: 10 dec. 2018.